Jemaah An Nadzir di Gowa Rayakan Iduladha 1441 Hijriah Lebih Awal

Berbeda sehari dengan jadwal yang ditetapkan pemerintah

Makassar, IDN Times - Jemaah An Nadzir di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bakal melaksanakan Salat Iduladha pada Kamis, 30 Juli 2020, sehari lebih awal dari waktu yang ditentukan pemerintah yakni Jumat, 31 Juli 2020.

"Insyaallah pelaksanaan Iduladha itu sesuai dengan pengamatan kita selama ini, dari tim yang dibentuk. Hasil pemantauannya jatuh di tanggal 10 Dzulhijjah (Kamis)," kata Pimpinan Jemaah An Nadzir Gowa, Ustaz Samiruddin Panemmui saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2020).

1. Pemantauan tanda-tanda alam telah dikaji oleh tim 9 An Nadzir

Jemaah An Nadzir di Gowa Rayakan Iduladha 1441 Hijriah Lebih Awal(Jemaah An Nadzir) ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Ustaz Samiruddin mengatakan, keputusan pelaksanaan Iduladha ditentukan setelah pihaknya melalui tim 9, melakukan pengamatan melalui tanda-tanda alam. Seperti metode pemantauan pergerakan bulan hingga puncak air laut. Tim memantau di sejumlah lokasi yang telah ditentukan sebelummya. Mulai dari dataran tinggi, rendah hingga kawasan pesisir.

"Berdasarkan pemantauan tim, dengan susunan mulai mengamati bulan itu pada saat purnama (tanggal) 14, 15, 16. Kemudian dihitung seterusnya sampai terakhir 27, 28, 29 dipantau lagi akan terbitnya bulan di subuh hari. Itulah nanti mendapatkan perpisahan bulan sekitar jam 1 siang," jelas Samiruddin.

2. Jemaah dipastikan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19

Jemaah An Nadzir di Gowa Rayakan Iduladha 1441 Hijriah Lebih AwalJemaah An Nadzir Gowa. IDN Times/Dok IDN Times

Samiruddin mengungkapkan, umumnya teknis pelaksanaan salat akan menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19. Mulai dari penggunaan masker hingga menyediakan wadah pencuci tangan. Jemaah Salat Iduladha, katanya, berkomitmen untuk mengikuti anjuran pemerintah.

"Tapi tidak seperti yang lalu yang ketat penjagaannya untuk menjaga orang datang. Kalau pelaksanaan salat kita tetap sepeti biasa. Tetap lurus dan rapatnya saf demi kesempurnaan (ibadah)," ungkap Samiruddin.

Sekitar 500 lebih jemaah An Nadzir akan melaksanakan salat di lokasi yang telah ditentukan di Desa Mawang. "Khusunya dari Makassar, Gowa, Maros, Takalar, yang dekat-dekat saja tidak ada yang dari jauh. Sekitar Sulawesi Selatan. Kalau untuk jemaah yang ada di Palopo, Bone itu tetap di tempat masing-masing," ujarnya.

Baca Juga: Jamaah An Nadzir di Gowa Rayakan Lebaran Hari Ini

3. Jemaah An Nadzir siapkan hewan kurban

Jemaah An Nadzir di Gowa Rayakan Iduladha 1441 Hijriah Lebih Awal(Jemaah An Nadzir) ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Nyaris serupa dengan pelaksanaan Iduladha sebelumnya, di tahun ini, para jemaah juga turut berkurban. Hewan ternak sapi hingga kambing telah dipersiapkan untuk dikurbankan usai salat. "Insyaallah kita akan potong sapi 2 ekor kemudian ada juga kambing," ucap Samiruddin.

Lebih lanjut diungkapkan Samiruddin, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Koordinasi sebagai bagian dari kerja sama untuk mencegah informasi yang salah. Sekaligus, untuk tetap menjaga keharmonisan dan silaturahmi bersama di tengah situasi pandemik COVID-19.

Baca Juga: Lebaran Besok, Jemaah An-Nadzir Gowa Ikuti Protokol Pencegahan Corona

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya