Ini Alasan Legislator PAN Tembok Rumah Tahfiz di Makassar

Tembok dinding sudah dirobohkan

Makassar, IDN Times - Legislator DPRD Kabupaten Pangkep Amiruddin buka suara soal alasannya mendirikan tembok pagar yang menutupi pintu belakang rumah tahfiz Alquran di Makassar.

Amiruddin sebelumnya membangun tembok di sisi samping depan rumahnya, di Jalan Ance Daeng Ngoyo, Kecamatan Panakkukang, Makassar. Pada Sabtu pagi (24/7/2021), tembok itu akhirnya dirobohkan usai mengundang reaksi masyarakat.

Amiruddin mengatakan bahwa awalnya di lokasi yang sama memang terdapat tembok pagar. Saat itu belum ada bangunan rumah tahfiz Alquran dan tidak ada akses jalan alias buntu.

"Dulunya saya beli itu (tanah) tahun 2012, tidak ada pintu," kata Amiruddin, Sabtu.

Baca Juga: Tembok yang Tutup Pintu Rumah Tahfiz Alquran di Makassar Dirobohkan

1. Tembok lama dirobohkan untuk keperluan pembangunan

Ini Alasan Legislator PAN Tembok Rumah Tahfiz di MakassarTembok pagar yang menutup pintu rumah tahfiz Al Quran di Makassar/Istimewa

Amiruddin mengatakan, awalnya terdapat pagar tembok pada lokasi yang sama. Namun pemilik lahan di seberang meminta Amiruddin agar merobohkan tembok sementara waktu. Alasannya, agar mudah memasukkan bahan material bangunan.

"Kemudian dia berjanji bahwa setelah selesai rumah dikerja akan ditutup kembali," kata Amiruddin.

Setelah bangunan rumah jadi, pemilik lahan tidak kunjung membangun ulang tembok. Belakangan diketahui pemilik lahan sudah menjual rumahnya ke orang lain dan dikelola jadi rumah tahfiz.

"Yang punya itu dia tidak menyampaikan ke pembeli bahwa ini hanya untuk sementara. Itu awalnya tertutup tidak ada akses jalan," ujar Amiruddin.

2. Bantah disebut tak suka mendengar anak-anak mengaji

Ini Alasan Legislator PAN Tembok Rumah Tahfiz di MakassarTembok pagar yang menutup pintu rumah tahfiz Al Quran di Makassar/Istimewa

Amiruddin juga merespons tudingan bahwa dia tak suka mendengarkan pengajian dari para penghafal Al Quran yang ada di samping rumahnya.

"Kalau memang ada bahasa keluar dari bibir saya, saya tidak dapat (diterima) di akhirat," kata Amiruddin.

Amiruddin mengaku, mengambil hikmah atas peristiwa ini. Dia bersyukur persoalan ini telah selesai dan dimediasi oleh aparat pemerintahan setempat.

"Ini sudah selesai karena sudah ada kesepakatan bersama pak camat ada Kapolsek Danramil musyawarah untuk sepakat," ucapnya.

3. Pagar tembok akhirnya dibongkar

Ini Alasan Legislator PAN Tembok Rumah Tahfiz di MakassarTembok pagar yang menutup pintu rumah tahfiz Al Quran di Makassar/Istimewa

Tembok pagar yang berdiri di atas fasilitas umum dan menutup pintu belakang rumah tahfiz Al Quran di Jalan Ance Daeng Ngoyo, Kecamatan Panakkukang Makassar, akhirnya dirobohkan.

Pihak keluarga anggota DPRD Pangkep Amiruddin yang membangun tembok itu, akhirnya sepakat membongkar setelah dimediasi oleh pemerintah kecamatan setempat. Sebelumnya Pemerintah Kota Makassar menyatakan tembok berdiri di atas lahan fasilitas umum untuk peruntukan jalan.

Tembok dirobohkan oleh petugas kecamatan, Satpol PP disaksikan petugas polisi dan TNI, pada Sabtu (24/7/2021) pagi.

"Kejadian tersebut murni karena kesalahpahaman antar warga," kata Camat Panakkukang Thahir Rasyid Daeng Ngalli di sela pembongkaran tembok.

Baca Juga: Miris, Akses Santri Rumah Tahfiz Al-Quran di Makassar Ditutup Tembok

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya