Gubernur Sulsel Beri Syarat Jika Bioskop Mau Beroperasi

"Semua tergantung kesiapan penyelenggara atau operator..."

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah merespons wacana terkait rencana pembukaan kembali bioskop. Wacana itu tengah dikaji oleh Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Menurut Nurdin, bioskop menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak pandemi. Sejak merebaknya virus corona, pemerintah menutup operasional bioskop, termasuk di Sulsel.

"Semua tergantung kesiapan penyelenggara atau operator bioskop, termasuk melakukan pengajuan pembukaan," kata Nurdin dalam rilisnya kepada jurnalis di Makassar, Sabtu (29/8/2020).

Baca Juga: Ini Alasan Wiku Sebut Nonton Bioskop Bisa Meningkatkan Imun

1. Pemerintah tunggu kesiapan penyelenggara

Gubernur Sulsel Beri Syarat Jika Bioskop Mau BeroperasiGubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat membuka kegiatan Orientasi Gerakan 1.000 Tokoh Agama Edukator COVID-19 di Swiss-Belhotel, Senin (27/7/2020). Humas Pemprov Sulsel

Nurdin mengatakan, pihaknya menunggu kesiapan penyelenggara yang ingin membuka kembali bioskopnya. Pihak penyelenggara harus menyampaikan kesiapan serta memenuhi sejumlah prasyarat wajib.

Syarat yang dimaksud adalah penerapan protokol kesehatan. Misalnya menjaga jarak di dalam ruangan agar tidak ada peluang untuk memunculkan klaster baru.

"Dan kesiapan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Tetapi saya berharap satu kali kita buka, betul-betul dijaga amanah pemerintah ini. Jangan sampai ada klaster dan harus kita tutup," ucap Nurdin.

2. Tingkat penularan COVID-19 disebut menurun

Gubernur Sulsel Beri Syarat Jika Bioskop Mau BeroperasiBioskop (dok. XXI)

Sebelum beroperasi lagi, Nurdin meminta pihak bioskop mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Termasuk mengantisipasi semua celah yang berpotensi penularan COVID-19.

"Harus disiplin pakai masker. Di dalam bioskop tidak boleh buka masker," kata Nurdin.

Jumat, 28 Agustus 2020, di Rumah Jabatan Bupati Barru, Nurdin memaparkan kondisi penanganan COVID-19 di Sulsel. Nurdin menyatakan, Makassar dan sebagian daerah perlahan mulai keluar dari zona merah penyebaran virus.

Nurdin menyebut tingkat penularan virus atau RT di Sulsel sudah hampir satu bulan di bawah angka satu. Tepatnya di kisaran 0,8. Itu artinya satu orang positif berpotensi menulari kurang dari satu orang. 

"Dan kita lihat spesimen kita juga naik tapi yang terkonfirmasi positif itu terus menurun," ucapnya.

3. Tontonan di bioskop mampu tingkatkan imun masyarakat

Gubernur Sulsel Beri Syarat Jika Bioskop Mau BeroperasiIlustrasi Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pemerintah tengah mempersiapkan pembukaan kembali bioskop. Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, menjaga bahagia dan tidak stres bisa meningkatkan imun, salah satunya dengan menonton film.

Pemerintah berencana membuka kembali bioskop dengan pertimbangan sosial dan ekonomi. Tapi Wiku memastikan sarana hiburan itu tidak bisa langsung dibuka begitu saja, sebab ada proses yang harus dilalui.

"Pertama, prakondisi, timing, prioritas, melakukan koordinasi pusat-daerah, dan monitoring, evaluasi," kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis 27 Agustus 2020.

Wiku menyampaikan pentingnya menjaga kondisi mental tidak stres dalam memerangi virus corona. Untuk itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Dan menonton di bioskop cuma salah satunya.

"Juga bisa menonton film di rumah, dan juga bisa melakukan aktivitas lain," tutur Wiku.

"Tetapi pilihan yang bisa diambil oleh masyarakat, kita serahkan kepada masyarakat. Yang jelas harus aman COVID dan betul-betul kita bisa produktif menjalankan kehidupan sehari-hari," dia melanjutkan.

Baca Juga: Duh, Butuh Waktu Lama Pulihkan Bioskop yang Rugi Miliaran Rupiah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya