BMKG: Cuaca di Sulsel Cerah Berawan Sepekan ke Depan

Namun masih ada potensi hujan ringan hingga sedang

Makassar, IDN Times - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi kondisi cuaca di Sulawesi Selatan cerah sepekan ke depan.

"Untuk tujuh hari ke depan cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang saja," kata prakirawan BBMKG IV Makassar Asriani Idrus saat dihubungi IDN Times, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Ekspor Sulsel Januari 2022 Naik 70,67 Persen, Nikel Tertinggi

1. Hanya sebagian wilayah berpotensi hujan ringan hari ini

BMKG: Cuaca di Sulsel Cerah Berawan Sepekan ke DepanIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Asriani mengatakan, untuk hari ini, hanya sebagian wilayah di Sulsel yang berpotensi hujan ringan. Seperti bagian Utara yang meliputi Kabupaten Enrekang, Luwu, Luwu Utara-Timur. Kemudian sebagian wilayah Selatan seperti, Bantaeng dan Bulukumba hingga Selayar.

Hujan intensitas ringan di daerah itu, menurut hasil pemantauan BMKG, diprediksi berlangsung hingga malam hari.

2. Minim awan pembentuk hujan

BMKG: Cuaca di Sulsel Cerah Berawan Sepekan ke DepanIlustrasi awan (ANTARA FOTO)

Asriani menjelaskan, menurut hasil pemantauan, kondisi cuaca sepekan ke depan cerah seiring minimnya pembentukan awan konvektif, yakni awan yang bisa memicu terjadinya hujan.

Potensi hujan juga jadi lebih minim karena kondisi atmosfer yang cukup labil. Di sisi lain, angin lapisan atas meningkat, begitu juga massa atau kelembaban udara.

"Diprakirakan awalnya hujan sesuai model, namun karena adanya pengaruh lokal sehingga awan-awan hujan yang akan terbentuk akan terdistraksi oleh faktor gangguan lokal tersebut," katanya.

3. Curah hujan tertinggi di bulan Desember

BMKG: Cuaca di Sulsel Cerah Berawan Sepekan ke DepanIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Merujuk buletin BMKG 2022, intensitas hujan tertinggi di Sulsel pada musim hujan kali ini terjadi pada Desember 2021. Satat itu curah hujan mencapai 401 milimeter.

Pada Februari hingga April 2022, intensitas hujan di Sulsel diperkirakan antara 69 mm sampai 494 mm. Curah hujan itu masuk dalam kategori rendah sampai tinggi.

Baca Juga: Polda Sulsel Nonaktifkan Perwira Polisi Diduga Cabuli Remaja

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya