Asisten I Pemkot Ditunjuk Jadi Plt Kepala Satpol PP Makassar

Pengganti Iqbal Asnan yang jadi tersangka kasus pembunuhan

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menunjuk Asisten I Pemerintah Kota, M Yasir, sebagai pelaksana tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar.

Yasir, untuk sementara waktu menggantikan tugas Iqbal Asnan, yang diberhentikan dari jabatan Kepala Satpol PP karena tersangkut kasus pembunuhan. Iqbal jadi tersangka otak penembakan petugas Dinas Perhubungan, Najamuddin Sewang.

"Saat ini pemberhentian sementara (Iqbal) dan mengangkat saudara M Yasir sbgai Plt (pelaksana tugas) Kasatpol PP Makassar. Karena Satpol PP perlu senior, punya pengalaman," Danny Pomanto saat ditemui di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Keluarga Ungkap Kasatpol PP Makassar Pernah Ancam Habisi Korban

1. Danny anggap M Yasir berpengalaman

Asisten I Pemkot Ditunjuk Jadi Plt Kepala Satpol PP MakassarSatpol PP Makassar merazia pak ogah di sejumlah jalan. (Dok. Satpol PP Makassar)

Menurut Danny, M Yasir cukup berpengalaman menangani ranah penegakan peraturan daerah. Terlebih, tupoksinya sebagai Asisten I juga membidangi pemerintahan.

Danny sangat berharap M Yasir bisa membina Satpol PP untuk menebarkan kebaikan-kebaikan lebih baik dari sebelumnya. "Karena (kasus) ini cukup mencemari kita secara mentalitas dan secara branding," kata Danny.

2. Danny juga bakal berhentikan tersangka lain di lingkup Pemkot Makassar

Asisten I Pemkot Ditunjuk Jadi Plt Kepala Satpol PP MakassarPetugas Satpol PP berjaga di gerbang pintu masuk kantor Balai Kota Makassar yang ditutup sementara di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Danny menegaskan, Iqbal Asnan dinonaktifkan sementara dari jabatan Kasatpol PP karena tersandung kasus pidana. Dua dari empat tersangka lainnya juga dipastikan diberhentikan. Sebab ada tiga tersangka yang merupakan pegawai di lingkup Pemkot Makassar.

"Kalau dia tiga yang kontrak saya berhentikan langsung. Yang Kasatpol PP pemberhentian sementara dan pemberhentian dari jabatan," ucap Danny.

3. Danny serahkan penyelidikan kepada kepolisian

Asisten I Pemkot Ditunjuk Jadi Plt Kepala Satpol PP MakassarIlustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Menyoal seorang wanita yang dikaitkan-kaitkan sebagai pemicu dalam perkara pembunuhan ini, Danny menyerahkan proses penanganan penyelidikan lanjutannya kepada kepolisian. Wanita itu disebut-sebut bertugas di lingkup Dishub Kota Makassar.

"Yang perempuan, itu kita serahkan ke kepolisian. Masa kita mau sanksi orang yang dicintai banyak orang, dan itu bukan pidana dicintai banyak orang. Saya tidak campur prosesnya keterlibatan, tidak," kata Danny.

Baca Juga: Penembakan Diotaki Kasatpol PP Makassar Bermotif Cinta Segitiga

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya