Akhir Tahun, Basarnas Sulsel Bersiaga di Lokasi Wisata

Basarnas mendirikan posko di lokasi yang ramai wisatawan

Makassar IDN Times - Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan mulai menyiagakan personel di sejumlah daerah dan lokasi jelang momentum pergantian tahun 2021. Salah satu menjadi fokus pengawasan adalah tempat wisata.

"Lokasi posko siaga akan di beberapa daerah wisata strategis yang ramai dikunjungi oleh masyarakat saat libur akhir tahun," kata Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/12/2021).

Baca Juga: Losari hingga CPI, Makassar Tutup Ruang Publik pada Malam Tahun Baru

1. Poskos siaga didirikan khusus menyambut Nataru

Akhir Tahun, Basarnas Sulsel Bersiaga di Lokasi WisataApel Siaga Nataru Basarnas Sulsel/ Dok. Basarnas Sulsel

Djunaidi bilang, kesiapan petugas merupakan rangkaian siaga khusus hari raya Natal dan tahun baru (Nataru). Djunaidi menyampaikan bahwa personel bersiaga tersebar di kantor Basarnas Makassar, dua Pos SAR, dan empat Unit Siaga SAR di Sulsel.

"Kita siagakan personel pada siaga khusus nataru ini sebanyak 121 personel, ada di Kantor Makassar, Pos SAR Bone, Pos SAR Selayar serta Pos Unit Siaga SAR di Bantaeng, Parepare, Masamba dan Palop," jelas Djunaidi.

2. Basarnas pastikan sarana operasi lengkap

Akhir Tahun, Basarnas Sulsel Bersiaga di Lokasi WisataApel Siaga Nataru Basarnas Sulsel/ Dok. Basarnas Sulsel

Djunaidi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin, yang tiap tahunnya dilaksanakan Basarnas Sulsel. Siaga khusus di Sulsel kali ini dimulai 17 Desember 2021 dan akan berakhir pada 4 Januari 2022.

Djunaidi menyatakan telah mengecek kesiapan sarana yang akan gunakan personelnya dalam bertugas. "Pemeriksaan alat yang disiagakan berupa kendaraan operasional untuk dipastikan bisa berfungsi saat dibutuhkan," ucap Djunaidi.

3. Personel SAR diperintahkan untuk merespons cepat

Akhir Tahun, Basarnas Sulsel Bersiaga di Lokasi WisataApel Siaga Nataru Basarnas Sulsel/ Dok. Basarnas Sulsel

Lebih lanjut, kata Djunaidi, personel yang bertugas juga diperintahkan untuk sigap apabila sewaktu-waktu menerima laporan untuk permintaan bantuan dari masyarakat.

"Kesigapan Basarnas untuk mencapai Quick Response SAR," tegas Djunaidi.

Djunaidi juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat beraktivitas. Djunaidi berharap kegiatan ini juga dapat membantu pemerintah dalam masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: MUI Sulsel Persilakan Ucapkan Selamat Natal, Asal Tak Ganggu Akidah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya