5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulsel

Si Julang petani hutan yang tangguh

Setiap provinsi di Indonesia memiliki flora dan fauna identitas sebagai ciri khas daerahnya. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk menunjukkan keanekaragaman hayati daerah tersebut, termasuk Provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi tersebut memiliki fauna idenditas yaitu Julang Sulawesi.

Burung Julang Sulawesi atau Taong disebut juga Knobbed hornbill merupakan salah satu satwa endemik di Sulawesi Selatan. Keunikan dan populasinya yang sedikit menjadikannya sebagai salah satu satwa yang dilindungi. 

Bukan hanya sebagai fauna identitas, tapi juga sebagai lambang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan. Berikut ini fakta mengenai burung Julang Sulawesi sebagai bukti keunikan dan biodivesitas alam Indonesia.

1. Spesies burung Rangkong yang cantik dan unik

5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulselinstagram.com/drawick92

Burung Julang Sulawesi memiliki nama ilmiah Aceros cassidix dan masih termasuk jenis burung Rangkong. Paruhnya yang besar dengan cula dibagian atasnya menambah keunikan burung ini. Cula tersebut berwarna merah pada Julang jantan dan kuning pada betina. Ada kantung berwarna biru di bagian tenggorokan dengan tubuhnya berwarna hitam dan putih pada bagian ekor menjadikan burung ini semakin eksotis.

Selain warna dan bentuknya yang unik, ukuran tubuhnya pun cukup besar. Ukuran panjang burung Julang jantan mencapai 104 cm dan beratnya 2500 gr. Sedangkan burung Julang betina memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pejantan.

2. Dijuluki "petani hutan" yang tangguh

5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulselatozpictures.com

Dua orang peneliti burung Rangkong dan hutan tropis bernama Timothy G. O'Brien bersama kawannya, Margaret F. Kinnaid memberikan julukan "petani hutan" yang tangguh pada burung ini. 

Hal tersebut berdasarkan peran penting burung Julang membantu regenerasi hutan yang menjadi habitatnya. Biji-bijian dari sisa buah yang menjadi makannnya secara tidak langsung dapat tersebar di berbagai penjuru hutan. Burung tersebut mampu terbang sampai sekitar 100 km², hebat bukan?

Baca Juga: Bikin Anget, Yuk Santap 5 Kuliner Berkuah Khas Sulawesi Selatan Ini

3. Dipercaya memiliki kekuatan magis

5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulselinstagram.com/yumiantikwok

Selain dari segi ilmiah, masyarakat di Sulawesi percaya bahwa dengan menggantung paruh burung Julang mampu menolak marabahaya. Sedangkan burung jenis Rangkong di masyarakat Dayak melambangkan kesucian, bahkan tergambar di relief Candi Prambanan.

Selain itu, dapat digunakan untuk mempercantik dekorasi rumah. Hal tersebut menjadikan beberapa kasus penangkapan dan perdagangan liar burung Julang terjadi.

4. Salah satu indikator adanya pohon berukuran besar di hutan

5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulseltwitter.com/worldbirds32

Burung sejenis Rangkong memiliki habitat di hutan rawa, hutan primer dan hutan sekunder di dataran tinggi. Burung ini membutuhkan pohon tinggi yang memiliki diameter sekitar 45 cm untuk sarangnya. Sarang yang dibuat sejenis burung Rangkong berupa lubang di pohon yang biasanya diberi lumpur pada bagian luarnya. Ketika si betina sedang mengerami telurnya, maka tidak akan keluar dari sarangnya dan pejantan yang akan mencari makanan.

Sebagai salah satu indikator alami, burung tersebut hidup berkelompok di tengah hutan untuk menghindari manusia. Jadi, keberadaan burung itu menandakan adanya hutan yang masih alami dengan tumbuhan besar.

5. "Si Julang" menjadi karakter game

5 Fakta Julang Sulawesi, Satwa Endemik Indentitas Sulselenacademic.com

Sebuah game berbasis android dengan tipe arkade diluncurkan oleh GusWan dan KSDA Sulawesi Selatan sebagai pengembang. Game bernama "Si Julang" ini diluncurkan pada 02 Juli 2018 lalu. Julang Sulawesi menjadi karakter tunggal dalam game sederhana ini.

Game tersebut cukup ringan dengan tampilan sederhana dan hampir seperti "Flappy Bird" untuk memainkannya. Namun bukan untuk sekedar menghindari rintangan, tapi juga mengumpulkan poin dari makanan yang ada. Game ini diluncurkan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan burung Julang Sulawesi.

Baca Juga: Mengenal Kera Macaca Maura, Binatang Endemik Sulawesi Selatan 

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya