Sulit Dipisahkan dari Buku, Pj Wali Kota Iqbal Punya Hobi Baca 

Hobi yang patut dicontoh nih guys!

Makassar, IDN Times - Sosok Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb sulit dipisahkan dari buku bacaan. Tidak banyak yang tahu bahwa PJ Wali Kota Iqbal yang juga Kepala Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan itu punya hobi membaca.

Kegandrungannya pada buku bacaan terlihat pada banyaknya koleksi buku yang dimilikinya. Buku-buku itu tertata rapi di ruang kerja lamanya di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

1. Buku-buku pemerintahan dan populer menjadi koleksi PJ Wali Kota

Sulit Dipisahkan dari Buku, Pj Wali Kota Iqbal Punya Hobi Baca IDN Times/Pemkot Makassar

Tidak hanya buku bertema pemerintahan yang dikoleksinya, buku-buku populer pun ikut menghiasi rak lemari buku miliknya. Seperti yang tampak pada pagi menjelang siang hari (17/05), Pj Wali Kota Iqbal mengepak lima kardus buku dari ruang kerjanya di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan.

Salah satu buku yang ikut dibawanya pagi tadi ialah buku karangan Malcolm Gladwell berjudul Blink Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir. Buku dengan sampul berwarna biru tua itu diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.

"Buku ini memberikan pembacanya pemahaman bagaimana kemampuan bawah sadar yang dimiliki manusia mampu menuntun kita melahirkan keputusan dalam waktu sekejap bersumber dari informasi yang sedikit namun akurat melalui snap judgment dan thin slicing. Inilah yang diistilahkan oleh penulis sebagai kemampuan berpikir tanpa berpikir," tutur Pj Wali Kota Iqbal.

2. Dari Buku, Pj Wali Kota bisa mendapat solusi untuk menangani permasalahan sehari-hari

Sulit Dipisahkan dari Buku, Pj Wali Kota Iqbal Punya Hobi Baca IDN Times/Pemkot Makassar

Dengan membaca buku setebal 317 halaman itu, menurut Iqbal, mampu menyingkap pengetahuan bahwa orang-orang yang pandai mengambil keputusan yang tepat bukanlah orang yang memproses paling banyak informasi, melainkan orang-orang yang melatih diri mereka untuk menyempurnakan thin slicing dengan menyaring sesedikit mungkin hal-hal terpenting dari berbagai kemungkinan yang menggunung.  

"Kemampuan ini dibutuhkan oleh seorang pemimpin agar mampu memberikan solusi yang tepat dalam kurun waktu yang tak begitu lama untuk menjawab persoalan yang ada," ungkap Pj Wali Kota Iqbal.

Puluhan buku yang dikarduskan pagi tadi, rencananya akan ditaruh Iqbal di ruang kerjanya di Balai Kota dan sebagian lagi akan ditempatkan di kediaman pribadinya di Jalan Bontomanai No. 6A, Makassar.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya