Pj Wali Kota Iqbal Tinjau RPH Tamangapa

Perusda Pemkot Makassar kini kelola pemotongan hewan

Makassar, IDN Times - Penjabat Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb meninjau rumah potong hewan (RPH), di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kamis (16/5) dini hari.

Pj Wali Kota Iqbal mengunjungi RPH untuk meninjau aktivitas pemotongan hewan yang saat ini dikelola Perusahaan Daerah (Perusda) Pemerintah Kota Makassar.

1. Pj Wali Kota Iqbal ingin tahu bagaimana penanganan hewan di RPH demi cek kabar viral

Pj Wali Kota Iqbal Tinjau RPH TamangapaIDN Times/Pemkot Makassar

Pj Wali Kota Iqbal mengatakan kunjungannya ke RPH ingin melihat langsung bagaimana penanganan hewan ternak karena beredar video viral tentang bagaimana penanganan hewan ternak sebelum disembelih.

"Setelah kita melihat langsung ternyata perlakuan hewan ternak di Tamangapa seperti di video yang viral ternyata tidak benar. Kami juga mencoba mempelajari sistem yang ada di sini karena bangunannya sudah cukup lama dan sudah tidak layak lagi," ucap Pj Wali Kota Iqbal.

2. Perbaikan cara pengelolaan aset RPH penting dilakukan

Pj Wali Kota Iqbal Tinjau RPH TamangapaIDN Times/Pemkot Makassar

Menurut Pj Wali Kota Iqbal, untuk mendapatkan dana bantuan berupa penambahan dana dari APBD Kota Makassar, APBD Provinsi Sulsel serta APBN penting dilakukan perbaikan cara pengelolaan aset RPH.

"Selama ini cuma Perusda yang mengelola sendiri, kalau bekerja sama dengan dinas terkait, tentunya pembiayaan melalui APBD kota dan provinsi serta APBN akan lebih mudah. Dengan adanya dana tersebut, peralatan yang dipakai manual akan kita modernisasikan, termasuk sarana penunjang lainnya seperti jalan," tutur Wali Kota Iqbal.

Pj Wali Kota Iqbal menekankan harapan Pemerintah Kota Makassar agar masyarakat tidak ragu lagi untuk mengonsumsi daging yang diproses dan dipotong di RPH Tamangapa.

3. Pj Wali Kota Iqbal berharap stok daging aman di Ramadan dan menjelang Idulfitri

Pj Wali Kota Iqbal Tinjau RPH TamangapaIDN Times/Pemkot Makassar

Pj Wali Kota Iqbal berharap ketersediaan daging di Ramadan dan memasuki hari raya Idulfitri tahun ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kita harapkan tidak terjadi inflasi. Mudah-mudahan stok daging mencukupi dan tidak terjadi kenaikan harga. Kita pantau terus bersama dinas terkait," ungkap Pj Wali Kota Iqbal.

Usai mengunjungi RPH Tamangapa, rombongan Pj Wali Kota yang didampingi Asisten ll Andi Irwan Bangsawan dan Staf Ahli Wali Kota Andi Bukti Djufri menyempatkan salat subuh berjemaah di Masjid Jami'ul Ihsan, Jalan Todopuli Raya, Makassar.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya