Sulsel Akan Bangun Rumah Sakit Regional Pertama di Luar Makassar

Anggaran untuk rumah sakit di Parepare itu Rp75 miliar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana membangun rumah sakit regional pertama di luar Kota Makassar di akhir tahun 2019. Saat ini, pusat rujukan daerah masih bertumpu pada rumah sakit yang ada di Kota Makassar.

Lokasi pembangunan rumah sakit pertama ini adalah di wilayah Kota Parepare, yang akan melayani pasien dari Kawasan Timur Indonesia (KTI). “Jadi kita usahakan rumah sakit ini melayani pasien dari Kalimantan dan KTI,” ucap Nurdin Abdullah, Selasa (14/5).

Baca Juga: Daeng Lempang: Anak Saya Lemas Usai Bertugas di TPS

1. Pemprov Sulsel kucurkan dana Rp75 miliar

Sulsel Akan Bangun Rumah Sakit Regional Pertama di Luar MakassarIDN Times/Abdurrahman

Nurdin Abdullah mengaku akan membantu total pembangunan rumah sakit regional di Parepare. Pemerintah Sulsel mengucurkan anggaran dalam bentuk bantuan keuangan daerah bawahan sebesar Rp75 miliar.

Menurut dia, rumah sakit sangat dibutuhkan dalam meningkatkan derajat kesehatan. “Prioritas kita membangun rumah sakit di sejumlah wilayah di Sulsel,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Bahkan untuk mendukung pelayanan yang menjangkau wilayah Indonesia timur, Gubernur Nurdin Abdullah bakal membangun landasan tempat mendarat pesawat. 

Baca Juga: 5 Fakta Perjalanan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel Bergelar Profesor

2. Wali Kota Parepare jamin RS Regional Parepare yang terbaik

Sulsel Akan Bangun Rumah Sakit Regional Pertama di Luar MakassarInstagram/ErnaRasyid

Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyebutkan bahwa rumah sakit regional Parepare dijamin yang terbaik dari enam rumah sakit yang dibangun Pemprov Sulsel. Pasalnya didukung 44 dokter spesialis, dilengkapi fasilitas klinik, minikafe, ICU umum, ICU VIP, laboratorium, radiologi, dan 45 kamar operasi standar internasional.

“Saya akan mewujudkan rencana gubernur ini,” ucap Taufan.

3. Pembangunan rumah sakit penting karena bermanfaat bagi masyarakat

Sulsel Akan Bangun Rumah Sakit Regional Pertama di Luar MakassarIDN Times/Istimewa

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan bahwa pembangunan rumah sakit harus mengutamakan mutu pelayanan kesehatan. Oleh sebab itu, dia berharap rumah sakit regional di Parepare itu bisa diisi dengan sumber daya manusia yang mumpuni, ketersediaan teknologi, dan mengedepankan pelayanan. 

“Kebutuhan masyarakat harus dikedepankan. Buat apa rumah sakit banyak kalau pelayanannya tidak maksimal," kata dia.

 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya