Comscore Tracker

Presiden Jokowi Tetapkan Abdul Hayat sebagai Sekda Provinsi Sulsel

Abdul Hayat merupakan pejabat di Kementerian Sosial RI

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo telah menandatangani surat keputusan untuk pejabat tertinggi di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40/TPA Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi  Madya di Lingkungan Pemprov Sulsel.

Dalam surat itu diputuskan mengangkat Abdul Hayat Gani pembina utama madya (golongan IVd) sebagai Sekretaris Daerah Sulsel. Itu terhitung sejak pelantikan dan kepadanya diberikan tunjangan jabatan struktural eselon Ib sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Gubernur Nurdin Tunggu Presiden Jokowi Tetapkan Sekda Sulsel

1. Surat keputusan Presiden itu ditandatangani sejak 20 Mei 2019

Presiden Jokowi Tetapkan Abdul Hayat sebagai Sekda Provinsi SulselIDN Times/Istimewa

Surat Keputusan Presiden untuk sekretaris definitif Pemprov Sulsel telah ditetapkan di Jakarta sejak Senin (20/5). Akan tetapi surat tersebut baru tersebar pada Selasa malam (21/5).

Keputusan presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan salinan petikan putusan presiden ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

2. Sekda definitif berasal dari Kementerian Sosial

Presiden Jokowi Tetapkan Abdul Hayat sebagai Sekda Provinsi SulselIDN Times/Didit Hariyadi

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyetor tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri. Namun yang ditetapkan sebagai Sekda definitif hanya satu orang. Abdul Hayat Gani merupakan pejabat Direktur Penanganan Fakir Miskin Pesisir, Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial.

Dia mengalahkan dua pesaingnya yakni Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman dan Dosen IPDN Jatinangor, Zubakhhrum Tjenreng.

Sekda Sulsel definitif bakal dilantik Kamis besok (23/5)

Presiden Jokowi Tetapkan Abdul Hayat sebagai Sekda Provinsi SulselHumas Sulsel

Gubernur Sulsel Nurdin Abddulah mengatakan, Abdul Hayat Menurut Nurdin, Abdul Hayat akan dilantik sebagai Sekda Sulsel pada Kamis (23/5). Pelantikan tersebut, ungkapnya, akan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Sulsel hingga Kementerian Sosial. 

"Saya lihat satu rombongan Kementerian Sosial mau datang semua. Mulai menteri  (Agus Gumiwang Kartasasmita),  sekjen, hingga dirjen,” tutur dia.

Abdul Hayat Gani telah dipastikan mengisi jabatan tertinggi aparatur sipil negara lingkup pemerintah Sulsel. Itu setelah melalui proses seleksi yang panjang sejak November tahun lalu. “Seleksinya terbuka dan dia (Abdul) telah ditetapkan tim penilai akhir,” tambah Nurdin.

4. Proses seleksi sekda sudah dilakukan sejak November 2018

Presiden Jokowi Tetapkan Abdul Hayat sebagai Sekda Provinsi SulselIDN Times / Aan Pranata

Proses seleksi Sekda Sulsel definitif ini telah dilakukan sejak November 2018. Namun baru ditetapkan setelah melalui tim penilai, yaitu Presiden Jokowi. Penunjukan Sekda itu cukup lama lantaran dilakukan pemeriksaan kepada para calon oleh pemerintah pusat termasuk rekam jejaknya.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You