Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Bakal Bikin ATM Beras untuk Masyarakat Miskin

Harga per mesin Rp35 juta

Makassar, IDN Times - Pemerintah Sulawesi Selatan bakal membuat semacam mesin ATM untuk beras yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Hal itu dilakukan untuk mengurangi angka kemiskinan di Sulawesi Selatan.

Kepala Biro Kesejahteraan Sulsel, Suherman mengungkapkan untuk tahap awal pemerintah berencana mengadakan satu mesin. “Kita coba satu ATM dululah,” ucap Suherman, Senin (22/4).

1. Harga mesin Rp35 juta per unit mesin

Pemprov Sulsel Bakal Bikin ATM Beras untuk Masyarakat MiskinIDN Times/Didit Hariyadi

Dia mengaku telah memesan lima unit ATM beras, dengan harga Rp35 juta per mesin. Dalam mesin tersebut memuat 250 liter beras, akan tetapi satu keluarga tidak mampu hanya bisa mengambil 3-5 liter beras saja.

“Jadi orang yang mau ambil beras tinggal memasukkan saja kartunya ke mesin ATM lalu ambil beras secara gratis,” tutur Suherman.

Baca Juga: Ada 3 Calon PJ Wali Kota Makassar, Siapa Pilihan Gubernur Sulsel?

2. Kota Makassar jadi percontohan awal

Pemprov Sulsel Bakal Bikin ATM Beras untuk Masyarakat MiskinATMB. Asep, salah satu mustahik yang dibina Rumah Aman Salman, tengah menarik beras dari mesin ATM Beras, di area kampus ITB, Bandung, Rabu, 13 Juni 2018. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler

Suherman mengungkapkan pihaknya akan mengadakan mesin ATM di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Akan tetapi untuk awal tahun 2019, lanjut dia, Makassar yang akan dijadikan percontohan. Oleh sebab itu ia akan membuat regulasi soal ATM beras tersebut.

Tak hanya itu, ia juga akan berkoordinasi dengan Bulog untuk pengadaan beras, badan amil zakat, dan dinas sosial yang memiliki data pasti soal jumlah masyarkat kurang mampu. “Data kan ada di dinas sosial, jadi kita akan koordinasi dengan beberapa instansi,” ucap Suherman.

3. Lokasi ATM akan ditempatkan yang mudah dijangkau masyarakat miskin

Pemprov Sulsel Bakal Bikin ATM Beras untuk Masyarakat MiskinIDN Times/Didit Hariyadi

Penempatan mesin ATM kemungkinan bakal ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat miskin, seperti masjid. Sejak akhir tahun 2018, pemerintah Sulsel memang berencana mengadakan ATM beras.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengaku sudah berbicara dengan dinas sosial. Oleh karena itu ia akan menggalakkan sistem ATM beras. Apalagi dominasi mata pencaharian masyarakat Sulsel adalah petani dan nelayan. “Kita telah buat konsepnya," ujar Andi Sudirman.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 03:00:04

Progress: 765.195 dari 813.350 TPS (94.07942%)

Just For You