Ke Belanda, Gubernur Nurdin Promosi Tiga Komoditas Unggulan Sulsel

Ketiga komoditas itu adalah pala, lada, dan kopi

Makassar, IDN Times - Tiga komoditas unggulan petani diekspos oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah di Belanda. Ketiga komoditas itu adalah pala, lada, dan kopi.

Dalam kunjungan yang didampingi oleh Bupati Kabupaten Wajo Amran Mahmud ke Belanda, Gubernur Nurdin diterima Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja.

Mereka diberikan kesempatan untuk menyampaikan potensi unggulan petani di Sulsel. "Semoga dengan dibukanya keran ekspor ke Belanda, tiga komoditas itu dapat harganya bisa meningkat,” kata Nurdin Abdullah, melalui keterangan tertulis, Kamis (13/6).

Baca Juga: Sulawesi Selatan Terpilih sebagai Role Model Birokrasi di Indonesia

1. Tiga komoditas ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Belanda

Ke Belanda, Gubernur Nurdin Promosi Tiga Komoditas Unggulan SulselIDN Times/Didit Hariyadi

Tak hanya membantu meningkatkan harganya, Nurdin juga berharap pala, lada, dan kopi asal Sulsel bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Negeri Kincir Angin tersebut. “Kami berharap duta besar Indonesia bisa menjembati ini,” tuturnya.

Dengan begitu, dia memastikan harga lada bisa meningkat karena yang menjadi keluhan masyarakat saat ini harganya yang terus menurun.

2. Saat ini Belanda masih kekurangan pasokan komoditas kopi, pala, dan lada

Ke Belanda, Gubernur Nurdin Promosi Tiga Komoditas Unggulan SulselUnsplash/Joshua Newton

Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mengungkapkan bahwa Sulsel dapat memasukkan tiga komoditas unggulannya. Pasalnya, saat ini Belanda masih kekurangan pasokan komoditas kopi, pala, dan lada.

“Pasokannya saat ini baru dari Bangka Belitung, jadi Belanda masih sangat kekurangan pasokan dari Indonesia,” ujar I Gusti.

Baca Juga: Investor Belanda Ingin Investasi Soal Air Bersih di Sulsel

3. Sulsel-Belanda memang berencana jalin kerja sama

Ke Belanda, Gubernur Nurdin Promosi Tiga Komoditas Unggulan SulselBelanda, Negeri Kincir Angin (Pixabay/Skitterphoto)

Di Sulsel, investor asal Negeri Kincir Angin ini juga ingin berinvestasi  terutama dalam pengolahan instalasi air bersih. Misalnya pengolahan air bersih di Kabupaten Pangkep, Soppeng, dan Wajo.

Delegasi pengusaha Belanda yang datang ke Sulsel dipimpin Deputi Bidang Ekonomi Kedutaan Belanda untuk Indonesia Mr Joos Nuitjen. Dan para pemimpin perusahaan yang ingin menanamkan modalnya di Sulsel adalah Manager Boskalis Hans Mooij, Manager Deltaras Peter Letitre, Robert Nemmers, Direktur MDF Rini Azis Marien, Founding OASA Bas Spruijtenburg, dan Direktur Port of Rotterdam Willem Dedden.

Baca Juga: OJK Diminta Bantu Pengembangan Kualitas Produk UKM di Sulsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya