Pleno KPU Pusat Diskors, Surat Suara Sulsel Direkap Besok 

Sulsel dan 3 provinsi akan direkap Sabtu (18/5)

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menggelar rapat pleno  rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 selama 5 menit. Rapat pleno yang digelar Jumat (17/5) dimulai pukul 14.22 WIB  kembali diskors. 

"Kami akan lanjutkan besok (Sabtu, 18/5) pukul 10.00 WIB pagi," kata Ketua KPU, Arief Budiman, selaku pimpinan rapat di Ruang Sidang KPU RI pukul 14.24 WIB.

Besok, kata dia, akan digelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk empat provinsi., termasuk Sulawesi Selatan. "Mudah-mudahan mereka dapat datang tepat waktu, yang jelas pukul 10.00 WIB pagi pasti sudah siap, karena hari ini sudah sampai (di Jakarta) yang dari Papua Barat," ucap dia.

Baca Juga: KPU Makassar Akui Banyak Data Tidak Sinkron

1. Empat provinsi yang disebut Arief akan hadir pleno besok

Pleno KPU Pusat Diskors, Surat Suara Sulsel Direkap Besok IDN Times/Denisa Tristianty

Arief menetapkan akan ada empat provinsi dalam pleno rekapitulasi penghitungan suara, Sabtu (18/5) besok. Seperti sudah dijelaskan Arief, Papua Barat sendiri sudah dalam perjalanan ke Jakarta, namun tidak bisa hadir tepat waktu pada Jumat (17/5) ini.

"Jadi nanti (besok) ada Papua Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara," kata Arief.

Baca Juga: Rekap Tingkat Kota Makassar, Suara Caleg Ditemukan Bertambah

2. Hanya satu panel yang dipakai besok

Pleno KPU Pusat Diskors, Surat Suara Sulsel Direkap Besok ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selain itu, ia juga menerangkan sistem yang akan digunakan pula besok. "Kita akan lakukan dalam satu panel, karena kalau empat provinsi, dari pengalaman kita kalau dimulai pagi, jadi ya pagi ada satu, siang satu, sore satu, dan malam satu," ucap dia.

3. Dokumen dari 27 provinsi sudah disiapkan

Pleno KPU Pusat Diskors, Surat Suara Sulsel Direkap Besok IDN Times/Aan Pranata

Meski terjadi skors pleno, Arief mengingatkan rekapitulasi penghitungan suara sudah rampung lebih dari 50 persen.

"Sampai dengan hari ini, 27 provinsi sudah selesai dilakukan rekap, dokumennya juga sudah disiapkan. Kepada para saksi yang belum menyelesaikan tanda tangan dokumen bisa dilanjutkan," ucap dia.

4. Arief minta TKN dan BPN untuk bersabar

Pleno KPU Pusat Diskors, Surat Suara Sulsel Direkap Besok ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Rapat pleno kali ini juga membuat Arief berpesan kepada dua peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Lebih lanjut, ia menjelaskan kepada dua kubu yakni TKN dan BPN, agar terus bersabar ketika proses rekapitulasi terus berjalan.

"Untuk TKN dan BPN mohon bersabar, tinggal tujuh provinsi lagi, plus PPLN. Begitu ya," kata Arief menutup rapat siang ini.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You