Wow! Pernikahan Mewah di Pinrang, Uang Panaik-Mahar Capai Rp5 Miliar

Pagar ayu berjejer sampai 300 meter, loh!

Makassar, IDN Times - Pesta pernikahan mewah dengan biaya fantastis di Sulawesi Selatan (Sulsel), viral di media sosial. Pernikahan pasangan Bugis dengan nilai mahar atau uang panaik mencapai Rp5 miliar tersebut berlangsung di Kabupaten Pinrang.

Prosesi pernikahan antara Fitrianisa Burnama bersama Andi Bastian Basri, mulai dari akad nikah dan resepsinya berlangsung di Jalan Raya Labolong 77, Desa Mattongang-Tongang, Kabupaten Pinrang, Rabu (27/7/2022) lalu.

"Alhamdulillah acara nikahannya sudah selesai, ponakan saya (dr Fitrianisa)" ungkap paman dr Fitrianisa Burmana, Hastan Mattanete saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel melalui pesan WhatsApp, Selasa (2/8/2022).

1. Mahar capai Rp5 miliar

Wow! Pernikahan Mewah di Pinrang, Uang Panaik-Mahar Capai Rp5 MiliarSesi foto pernikahan dr. Fitrianisa dan Andi Bastian bersama Hastan Mattanete dan istri. (istimewa/dok.pribadi)

Diketahui, Fitrianisa Burnama adalah putri sulung dari H. Bram Burmanajaya dan Hj. Kalsum Mattanete. Sementara Bastian adalah putra bungsu almarhum (alm) H. P Basri Laurung dan (almh) Hj. Andi Supiani.

Terkait mahar dan uang panaik yang mencapai Rp5 miliar, Hastan mengatakan, nilai tersebut adalah hasil perkiraan orang-orang. Karena uang panaik yakni Rp299 juta, ditambah sawah, tanah, emas, berlian dan empang.

"Sebenarnya uang panai itu tidak sampai segitu juga (Rp5 miliar) karena ada tambahannya yang lain (tanah, sawah, emas, berlian dan empang). Prosesi pernikahan kemarin di lapangan bola depan rumah nenek dari mempelai wanita," jelasnya.

2. Datangkan 7 artis Ibu kota

Wow! Pernikahan Mewah di Pinrang, Uang Panaik-Mahar Capai Rp5 MiliarSesi foto pernikahan dr. Fitrianisa dan Andi Bastian bersama keluarga dan artis ibukota. (Istimewa/dok.pribadi)

Selain nilai mahar dan uang panaik yang fantastis, pernikahan Fitrianisa dan Andi Bastian ini juga mengundang tujuh artis ibu kota. Mereka adalah Nassar KDI, Tiwi eks T2, Riska KDI, Ifny DA, Bembi, Akbar ILK, dan Zora Vidyanata.

"Iya, ada Nassar kita undang sama enam artis yang lain saya lupa. Ini untuk menghibur warga dan para tamu kami yang hadir kemarin. Ada juga ustadz Das'ad Latif untuk ceramah tentang pernikahan," ungkap Hastan Mattanete.

Baca Juga: MUI Sulsel Bakal Terbitkan Fatwa Uang Panaik, Ini Pertimbangannya

3. Penjemput tamu sepanjang 300 meter

Wow! Pernikahan Mewah di Pinrang, Uang Panaik-Mahar Capai Rp5 MiliarPara penjemput tamu di pernikahan dr. Fitrianisa dan Andi Bastian di Pinrang. (istimewa/dok.pribadi)

Sementara itu, acara pernikahan yang berlangsung di lapangan bola tepat di depan rumah nenek dari Fitriani ini, persiapannya dari mendirikan tenda hingga membuat dekorasi panggung membutuhkan waktu 15 hari.

Kemudian saat prosesi pranikah, Selasa (26/7/2022), dimulai dengan acara siraman, pengajian, dan malam mappacci. Lalu, pada Rabu (27/7) siang, berlangsung acara akad nikah dan resepsi nikah.

Saat dimulainya acara akad hingga resepsi, Hastan yang juga merupakan anggota fraksi Partai Golkar di DPRD Pinrang ini juga menambahkan, para penjemput tamu undangan mencapai 300 meter.

"Iya (penjemput tamu 300 meter) seperti yang ada dalam foto itu. Kalau soal bulan madu keduanya mau ke Bogor. Karena kan tempat tugas Fitriani di sana (salah satu rumah sakit umum)," tambah Hastan.

Andi Bastian sendiri bekerja sebagai pegawai di BUMN Sucofindo di Makassar. Sementara Fitrianisa adalah dokter yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

Baca Juga: Terbit Fatwa Uang Panaik, MUI Sulsel Sebut Bisa Jadi Haram

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya