Viral Video Preman di Depan Pelabuhan Makassar, Kini Ditangkap

Kedua pelaku beraksi sebagai juru parkir liar

Makassar, IDN Times - Sebuah video di media sosial menunjukkan dua preman tengah memalak seorang pengendara mobil. Menurut info yang beredar, pemalakan terjadi di Jalan Nusantara, tepat di depan Pelabuhan Makassar.

Dalam video yang beredar, kedua pelaku memintai sejumlah uang parkir kepada pengendara. Pengendara sempat berdebat dengan mereka menolak memberikan uang yang diminta.

Kepala Polres Pelabuhan Makassar AKBP Yudhi Frianto membenarkan soal video yang beredar. Dia menyebut dua pelaku sudah ditangkap usai menerima informasi, Sabtu pagi (3/6/2023). Dua pelaku merupakan juru parkir liar, masing-masing Syamsuddin Daeng Ngalle (51) dan Abi (19).

"Pelaku diamankan saat masih tertidur pulas jadi tidak ada perlawanan, sekarang di Polres, ditangkap setelah Satintelkam menerima laporan," kata Yudhi kepada IDN Times, Sabtu.

Baca Juga: 4 Pelaku Penganiayaan Mahasiswa Unismuh Makassar Buron

1. Pelaku memaksa minta uang parkir Rp15 ribu

Kapolres mengatakan, pelaku terekam kamera ponsel warga yang jadi korban pemalakan. Lokasinya tepat di depan gerbang Pelabuhan Makassar.

Para pelaku disebut memaksa meminta uang parkir sebesar Rp15 ribu. Pelaku marah karena korban awalnya hanya ingin memberi Rp8 ribu.

"Kedua pelaku mengakui perbuatannya, mereka minta uang parkir sebesar Rp15 ribu ke korban. Tentu ini pungutan liar dan aksi premanisme," terang AKBP Yudhi.

2. Pelaku mengaku sudah 5 bulan beraksi

Viral Video Preman di Depan Pelabuhan Makassar, Kini DitangkapSalah satu preman yang modus jadi jukir, Syamsuddin Daeng Ngalle alias Alex (51) saat ditangkap anggota Polres Pelabuhan Makassar. (Istimewa)

Polisi menangkap kedua pelaku dengan sejumlah barang bukti. Di antaranya sempritan yang sering dipakai saat memalak, serta dombet berisi sejumlah uang. Kepada polisi, mereka mengakui perbuatannya.

"Jadi berdasarkan pengakuan pelaku bahwa aktivitas tersebut sudah berlangsung selama 5 bulan terakhir, sasaran mereka kepada setiap pengendara yang parkir di depan Pelabuhan jalan Nusantara," Yudhi membeberkan.

3. Polisi sebuat pelaku sering mengancam pengendara

Viral Video Preman di Depan Pelabuhan Makassar, Kini DitangkapIlustrasi pemalakan (IDN Times/Aditya Pratama)

Yudhi, eks Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasat Resnarkoba) Polrestabes Makassar, memperkirakan kegiatan pemalakan sudah lama berlangsung. Hal itu dianggap sangat meresahkan masyarakat.

"Dan tidak menutup kemungkinan pelaku Syamsuddin alias Alex bersama rekannya itu melakukan intimidasi dan pengancaman kepada masyarakat apabila tidak sesuai dengan uang parkiran yang diminta," AKBP Yudhi menambahkan.

Baca Juga: Penjual Ikan di Makassar Tagih Janji Polisi Selidiki Kematian Putranya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya