Siswa SMP Athirah Tewas, Keluarga Belum Terima Hasil Visum

Polisi segera merilis hasil visum dari rumah sakit

Makassar, IDN Times - Keluarga Basman Nafa Nasykura, siswa SMP Islam Athirah yang tewas di sekolah, Rabu 24 Mei 2023, belum menerima hasil visum jenazah. Mereka juga belum dapat penjelasan Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, tempat jenazah divisum.

Paman Basman, Andi Setiadi mengatakan, pihaknya sudah mendengar bahwa pihak rumah sakit telah memberikan laporan hasil visum kepada penyidik Polrestabes Makassar. Namun hasilnya belum disampaikan kepada keluarga.

"Kemarin kami sudah ke Bhayangkara, ada juga kuasa hukum kami tapi tidak ada penjelasan dari rumah sakit, katanya sudah diberikan ke penyidik," kata Setiadi kepada IDN Times, Jumat (2/6/2023).

Sebelumnya polisi telah menyimpulkan bahwa Basman tewas usai bunuh diri. Basman diduga melompat dari atas gedung sekolah.

Baca Juga: Polisi Simpulkan Siswa SMP Athirah Makassar Tewas Bunuh Diri

1. Polrestabes Makassar janji merilis hasil visum

Siswa SMP Athirah Tewas, Keluarga Belum Terima Hasil VisumKapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar AKBP Ridwan Hutagaol enggan menjelaskan soal hasil visum jenazah Basman. Namun beredar informasi bahwa laporan visum akan disampaikan langsung Kapolrestabes Kombes Mohammad Ngajib, Jumat hari ini.

"Sore ini akan dirils langsung bapak Kapolrestabes terkait perkembangan dan hasil visum siswa Athirah," ujar salah satu staf Kapolrestabes, Brigadir Ryan David.

2. Polisi menyimpulkan Basman bunuh diri

Siswa SMP Athirah Tewas, Keluarga Belum Terima Hasil VisumIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, penyidik Polrestabes Makassar menyimpulkan bahwa Basman yang ditemukan tewas di sekolah, sebagai korban bunuh diri. Dugaan itu disampaikan Kepala Polrestabes Makassar Kombes Mokhmad Ngajib, sesuai hasil penyelidikan. 

"Dari alat bukti yang ada dan keterangan saksi serta rekaman CCTV bahwa anak tersebut naik ke lantai 8 dan setelah itu jatuh ke bawah," kata Ngajib di Kantor Polrestabes Makassar, Kamis (25/5/2023).

Menurut Ngajib, penyidik Polrestabes sudah bekerja sesuai proses pembuktian dan berdasarkan keterangan saksi-saksi. "Ada rekaman CCTV dan kita dapat terakhir itu dia ada di lantai 8 dan tahu-tahu sudah sampai di bawah, dan ada saksi yang melihat di situ," terangnya.

3. Ayah korban berharap polisi selidiki kejanggalan

Siswa SMP Athirah Tewas, Keluarga Belum Terima Hasil VisumAyah Basman Nafa Nasykura, Benny Nurdin Yusuf dan ibunya, Jane Riatri Timbonga. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Ayah Basman, Benny Nurdin Yusuf masih berharap polisi bisa mengungkap kejanggalan pada kematian anaknya. Benny, pejabat Kementerian Perhubungan mengatakan, keluarga menemukan sejumlah kejanggalan dalam kematian Basman. Menurutnya, polisi terburu-buru menyatakan mendiang bunuh diri.

"Saya masih melihat adanya kejanggalan, tapi ini tentu ranah kepolisian yang kita harapkan bisa mengungkapkap. Soal pemberitaan yang menyimpulkan terlalu dini soal anak saya bunuh diri perlu didalami lebih jauh lagi," kata Benny di Makassar, Sabtu dini hari (27/5/2023).

Baca Juga: Sekolah Islam Athirah Dukung Penyelidikan Kematian Basman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya