Propam Sulsel Tahan Polisi yang Lindungi Pengedar Narkoba di Toraja

Propam masih kembangkan kasus polisi bekingi pengedar

Makassar, IDN Times - Seorang polisi inisial G ditangkap tim Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel), karena diduga kuat melindungi pengedar narkoba di wilayah Kabupaten Tana Toraja (Tator).

"Yang bersangkutan masih diamankan. Itu hasil pemeriksaan Propam yang turun menyelidiki di sana," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulsel, Kombes Komang Suartana kepada IDN Times Sulsel, Rabu (22/2/2023).

Diberitakan sebelumnya, seorang tersangka pengedar narkoba di Toraja yang dibekuk tim Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tator mengaku, bisa leluasa edarkan narkoba karena dilindungi polisi, kasus ini viral di media sosial.

1. Bukti percakapan pengedar dan polisi G jadi bukti kuat

Propam Sulsel Tahan Polisi yang Lindungi Pengedar Narkoba di Torajailustrasi aplikasi WhatsApp (pexels.com/Anton)

Komang menjelaskan, Propam Polda Sulsel bersama Polres Tana Toraja, melakukan penyelidikan berdasar pengakuan pengedar yang ditangkap BNNK Tator yang mengaku dibekingi polisi.

Dari hasil penyelidikan itu, kata Komang, tim Propam Polda Sulsel berhasil menemukan bukti percakapan antara G dengan tersangka atau saksi.

"Jadi percakapan antara G dengan saksi tersangka ini percakapan aktif, saksi tersangka ini awalnya menyebutkan nama G yang melindungi peredaran, dari situ propam memeriksa dan menahan yang bersangkutan," terang Komang.

2. Propam masih kembangkan kasus polisi bekingi pengedar

Propam Sulsel Tahan Polisi yang Lindungi Pengedar Narkoba di TorajaTersangka narkoba (lingkaran merah) mengaku dilindungi oknum polisi. (Istimewa)

Komang menyatakan, saat ini tim Propam Polda Sulsel masih berada di Polres Toraja maupun Tana Toraja, untuk melakukan penyelidikan lanjut terkait kasus oknum polisi membekingi transaksi dan peredaran narkoba di wilayah itu.

"Kasus ini tetap dikembangkan, termasuk memeriksa saksi-saksi termasuk itu saksi tersangka dan beberapa orang lain, ada juga anggota. Untuk oknum G ini dia polisi aktif yang bertugas di Polres Toraja Utara," Komang menjelaskan.

3. Komang pastikan polisi G melakukan pelanggaran disiplin

Propam Sulsel Tahan Polisi yang Lindungi Pengedar Narkoba di TorajaKabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana. (IDN Times/Sahrul Ramadan)

Selain itu, Komang memastikan, polisi inisial G ini ditahan pada tempat khusus dan kemudian akan menjalani sidang disiplin karena G terbukti melindungi tersangka pengedar narkoba diduga sejak tahun 2022 silam. 

"Jadi kesimpulannya, dia (G) saat ini ditahan di tempat khusus oleh Propam Polda. Dia terbukti melakukan pelanggaran disiplin karena membekingi pelaku atau tersangka narkoba, kita masih tunggu hasilnya lagi," tambahnya.

Baca Juga: Polda Sulsel Selidiki Polisi Toraja Disebut Lindungi Pengedar Narkoba

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya