Polrestabes Makassar Buru Jaringan Pelaku Kecurangan UTBK Unhas

Enam orang terduga pelaku kecurangan ditahan polisi

Makassar, IDN Times - Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar, masih menahan enam orang yang diduga kuat sebagai komplotan pelaku kecurangan saat Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas).

"Kita masih mengamankan keenam orang yang dimaksud untuk proses dimintai keterangannya," jelas Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Ronald Simanjuntak saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel melalui sambungan telepon, Jumat (27/5/2022).

1. Polisi masih mencari pelaku lain

Polrestabes Makassar Buru Jaringan Pelaku Kecurangan UTBK UnhasRektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa saat meninjau hari pertama UTBK-SBMPTN di Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa 17 Mei 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Kepolisian di Makassar saat ini masih terus mendalami keterangan keenam orang terduga jaringan pelaku kecurangan UTBK Unhas. Ronald mengatakan pihaknya mengembangkan kasus ini karena adanya kemungkinan jaringan dan pelaku lain.

"Kita nanti masih kembangkan lagi untuk mencari jaringan lain, sabar ya. Pada intinya mereka masih diamankan di Polrestabes dan untuk perkembangannya nanti kita akan memberitahukan ke rekan-rekan media, terima kasih," ungkap AKBP Ronald.

Keenam orang yang telah ditahan polisi hingga kini belum diketahui identitasnya. Mereka masing-masing adalah tiga peserta UTBK, dua orang Satpam Unhas yang ditangkap di luar ruang ujian, dan satu orang lain yang diamankan di sekitar lingkungan kampus Unhas.

Pihak kampus Unhas menjelaskan, keenam orang jaringan tersebut beraksi dengan menggunakan beberapa handphone. Alat itu dipakai sebagai media komunikasi para pelaku. Dari peserta, pengawas yang diduga para Satpam dan sumber kunci jawaban soal UTBK Unhas.

2. Unhas belum menerima laporan

Polrestabes Makassar Buru Jaringan Pelaku Kecurangan UTBK UnhasUnhas terapkan kebijakan baru akses keluar masuk kampus. IDN Times/Unhas Makassar

Pihak Unhas atau panitia UTBK yang menyelenggarakan ujian masuk Perguruan Tinggi (PT) mengaku, sejak enam orang anggota jaringan yang diduga melakukan kecurangan dengan membocorkan jawaban itu diamankan, Unhas belum mendapat perkembangan penanganan kasusnya.

"Belum ada (panggilan) atau perkembangan kasusnya dan dimintai keterangan, saat kejadian itu mereka katakan kalau dibutuhkan keterangan pihak Unhas itu mereka akan hubungi," kata Kepala Subdit Humas Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman.

Baca Juga: Hari Pertama UTBK-SBMPTN di Unhas, 140 Peserta Tidak Hadir

3. Tim Cyber pantau ujian masuk mahasiswa

Polrestabes Makassar Buru Jaringan Pelaku Kecurangan UTBK UnhasSuasana hari pertama penyelenggaraan UTBK-SBMPTN di salah satu ruangan Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa 17 Mei 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Kepada IDN Times Sulsel, Ishaq Rahman mengaku selama proses UTBK di kampus Unhas, Polrestabes Makassar mengirimkan sekitar 21 anggota Tim Cyber untuk bisa memantau langsung kegiatan dan proses ujian masuk penerimaan mahasiswa baru.

"Jadi pihak Polrestabes sendiri mengirim Tim Cyber untuk memantau dan mendukung pelaksanaan UTBK, jadi begitu kemarin ada kejadian itu langsung mereka (tim cyber) yang mengamankan, mereka sekitar 21 orang," jelas Ishaq Rahman.

Baca Juga: Kecurangan Terstruktur saat UTBK di Unhas, 6 Orang Ditangkap

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya