Polisi Makassar Jemput Hasil DNA Tersangka Aborsi 7 Bayi di Jakarta

Polisi juga menunggu hasil tes psikologi kedua tersangka

Makassar, IDN Times - Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polrestabes Makassar tengah menunggu hasil tes DNA dua tersangka kasus aborsi tujuh janin yang disimpan di dalam boks makanan di Makassar.

Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Reonald T. Simanjuntak mengatakan, sampel DNA kedua tersangka dibawa ke Jakarta untuk diperiksa di Pusat Labfor Mabes Polri. DNA kedua tersangka, NM (29) dan SP (30) dicocokkan dengan tujuh janin yang ditemukan di indekos di Makassar. Pengambilan sampel DNA dibutuhkan karena SP hanya mengakui sebagai ayah empat dari tujuh janin.

"Kita menunggu ini (hasil DNA), makanya kemarin saya kirim anggota menjemput hasilnya. Satu perwira kita kirim untuk bisa ambil hasilnya di jakarta," kata Reonald di Makassar, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Kasus 7 Janin di Boks Makanan, Komnas Perempuan Telusuri Alasan Aborsi

1. Penyidik belum tahu hasil tes DNA

Polisi Makassar Jemput Hasil DNA Tersangka Aborsi 7 Bayi di JakartaSalah satu tersangka kasus aborsi tujuh janin, SP (30) saat tiba di Polrestabes Makassar, Kamis (9/6/2022) malam. Istimewa

Reonald belum bisa memastikan kapan polisi yang ke Jakarta mengambil hasil DNA itu kembali ke Makassar. Demikian juga dengan hasil tes sampel DNA tersebut.

"Sabar saja ya, kita (penyidik) juga tunggu hasilnya seperti apa. Pasti kita beritahu, termasuk juga hasil tes psikologinyanitu (tersangka) belum ada," kata Reonald.

2. Polisi juga tunggu hasil tes psikologi

Polisi Makassar Jemput Hasil DNA Tersangka Aborsi 7 Bayi di JakartaIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Polisi juga tengah menunggu hasil tes psikologi kedua tersangka. Tes digelar oleh tim Psikiater Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, tersangka wanita menjalani visum hidup untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dia diketahui mengaku aborsi sebanyak tujuh kali antara tahun 2012 hingga 2017.

3. Tersangka ikut bimbingan rohani

Polisi Makassar Jemput Hasil DNA Tersangka Aborsi 7 Bayi di JakartaKasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Reonald Simanjuntak saat menunjukan foto dua tersangka aborsi tujuh janin, Kamis (9/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Sembari menunggu hasil DNA dari Pusat Laboratorium Markas Besar (Mabes) Polri di Jakarta, tersangka pria SP alias Salmon itu mengikuti program bimbingan rohani. Polrestabes Makassar yang memfasilitasi.

"Bukan tersangka NM yang mengikuti (bimbingan rohani) tapi Salmon yang ikut. Itu permintaan dari keluarganya si Salmon itu yang mau," beber Reonald.

AKBP Reonald mengungkapkan, empat untuk bimbingan rohani disediakan oleh penyidik jika keluarga Salmon datang membawa pembimbing sekaligus menjenguknya.

"Kami melihat bagus untuk dia juga kan, bimbingan rohani ini tidak rutin tapi kalau ada keluarganya datang membawa ya kita siapkan tempat, ini positif," kata Reonald.

Baca Juga: Tersangka Aborsi Akui 4 dari 7 Janin dalam Boks Makanan di Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya