Operasi Zebra 2022 di Makassar Efektif, Angka Kecelakaan Menurun

Polisi sulit cari pengendara motor tidak pakai helm

Makassar, IDN Times - Operasi Zebra 2022 yang digelar sejak tanggal 3 sampai 16 Oktober di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), berlangsung efektif.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda, menjelaskan, efektivitas program ini terlihat dari menurunnya angka kecelakaan dan penggunaan helm yang semakin disiplin saat Operasi Zebra.

"Operasi kemarin itu baik dan efektif, karena Laka (kecelakaan) menurun drastis, seperti kejadian Laka sebelum Operasi itu 77 kasus, saat Operasi ada 18," kata Zulanda kepada kepada IDN Times, Selasa (18/10/2022).

1. Polisi sulit cari pengendara motor tidak pakai helm

Operasi Zebra 2022 di Makassar Efektif, Angka Kecelakaan MenurunKepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda saat diwawancarai. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Zulanda mengungkapkan, efektivitas dari Operasi Zebra ini karena masyarakat berperan aktif dan peduli dengan keselamatan dalam berlalu lintas, seperti penggunaan helm.

"Efektif dan kepatuhan pengendara motor naik karena anggota di lapangan juga sangat sulit mencari pelanggar helm, karena salah satu target kita mencari pengendara motor yang tidak pakai helm," ungkap Zulanda.

"Target kami mencari pengendara yang tidak memakai helm ini digelar empat hari terakhir giat (Operasi Zebra), apalagi tidak memakai helm di malam hari itu jadi prioritas kami di lapangan tapi sulit cari pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm," lanjutnya.

2. Zulanda sebut pengendara melawan arus masih cukup tinggi

Operasi Zebra 2022 di Makassar Efektif, Angka Kecelakaan Menurunilustrasi melanggar lalu lintas (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain target mencari pengendara motor yang tidak memakai helm, tim Lantas Polrestabes juga menjadikan pengendara yang melawan arus sebagai prioritas tim, dan itu cukup tinggi. 

"Ini yang jadi target (lawan arus) kemarin itu cukup tinggi, untuk itu kita menghimbau ke pengguna jalan agar tidak melakukan lawan arus demi keselamatan di jalan. Jadi sampai saat ini (pasca Operasi Zebra) melawan arus masih jadi atensi kedepan," terang Zulanda.

3. Operasi Zebra 2022 Satlantas catat 504 kasus

Operasi Zebra 2022 di Makassar Efektif, Angka Kecelakaan MenurunIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Diketahui, selama Operasi Zebra 2022 pihak Lantas Polrestabes Makassar menindak 504 pengendara motor maupun mobil, baik lewat teguran langsung maupun sistem penilangan Electronic Traffic Law Enforcemen (ETLE).

"Jadi jumlah untuk penindakan teguran itu ada 54 teguran baik mobil maupun motor, sementara untuk tilang ETLE lebih banyak yakni 450 penindakan, kalau untuk sistem mobile kemarin tidak ada," jelas Zulanda.

Dirincikan, penindakan terhadap pengendara motor yang tidak pakai helm ada 96 orang, melawan arus 72 orang, pengendara masih dibawah umur 40 orang, total 208 orang.

Sementara itu, pelanggar roda empat yang melawan arus 4 kasus, menggunakan ponsel saat berkendara 26 kasus, tidak memakai safety belt 91 kasus, jumlahnya 121 kasus.

Baca Juga: Operasi Zebra, Pelanggar di Makassar Mulai Disanksi Tilang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya