NasDem Sebut Satu Partai Lagi Segera Gabung Koalisi Dukung Anies

Anies Baswedan hadir di Makassar, Sulawesi Selatan

Makassar, IDN Times - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai NasDem menyebutkan, ada satu partai lagi yang akan bergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung calon presiden Anies Rasyid Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali mengungkapkan, saat ini sudah ada dua partai yang memastikan mengusung Anies untuk maju Capres tahun 2024. Dua Partai itu adalah, Partai Demokrat dan PKS.

"Koalisi partai sedang dibicarakan. Insya allah dalam proses pematangan dan dalam waktu tidak terlalu lama diumumkan. Satu lagi (partai) itu tidak bisa disebutkan, nanti tidak ada surprise," kata Ali kepada wartawan di Makassar, Sabtu petang (10/12/2022).

1. Ali sebut NasDem, PKS dan Demokrat sudah intens konsolidasi

NasDem Sebut Satu Partai Lagi Segera Gabung Koalisi Dukung AniesWakil ketua umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali saat diwawancarai di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kehadiran wakil ketua DPP Partai NasDem ini ke Makassar dalam rangka kegiatan konsolidasi dan silaturahmi Anies Baswedan bersama warga Sulawesi Selatan (Sulsel) di gedung Celebes Convention Centre (CCC) Kota Makassar.

Menurut Ahmad Ali, komunikasi antara NasDem dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Demokrat sudah sangat erat, sementara persoalan perbedaan pendapat pengusungan capres antara ketiga partai tersebut sangat kecil.

"Tapi secara prinsip paling tidak tiga partai hari ini yang sudah intens melakukan komunikasi, diskusi, memperkecil perbedaan, memperbanyak persamaan, sehingga kemudian kita berharap 2023 akan ada pendaftaran Anies," ungkap Ali.

2. Soal cawapres, NasDem: Anies yang menentukan

NasDem Sebut Satu Partai Lagi Segera Gabung Koalisi Dukung AniesAnies Baswedan diantara Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse dan Wakil Ketua DPP NasDem, Ahmad Ali. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Terkait wakil Anies nanti, Ahmad Ali mengaku, Partai NasDem akan menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Rasyid Baswedan yang akan menentukan sendiri wakil yang akan mendampinginya untuk maju pada kontestasi Pilpres tahun 2024.

"Pokoknya nanti anies yang akan menentukan sendiri. Sosok militer kan tidak boleh berpolitik. Tidak ada kriteria, karena nanti Anies yang akan memberikan kriteria wakil (cawapres) itu adalah orang yang bisa menambah elektabilitas, menjaga stabilitas koalisi, dan membantu pemerintahan kedepannya," jelas Ahmad Ali.

3. Anies minta relawan Sulsel siap menang

NasDem Sebut Satu Partai Lagi Segera Gabung Koalisi Dukung AniesAnies Rasyid Baswedan bersama NasDem silaturahmi di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sementara itu saat konsolidasi bersama ribuan relawan di CCC. Anies Baswedan pun meminta kepada seluruh relawan di Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk bersiap-siap dari sekarang untuk menjemput kemenangan Pilpres tahun 2024.

"Sulawesi Selatan siap maju, siap menang dan pesan itu dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Saya harap kepada semua jaga stamina, perjalanan masih panjang, proses pemilihan masih panjang dari sekarang ada 14 bulan, jaga stamina," tegas Anies.

"Ingat, jaga stamina fisik, stamina mental, stamina intelektual, jaga itu semua, insya allah dengan stamina yang terjaga dan pesan-pesan yang positif karena kita ini bukan bagian memecah belah, kita adalah rombongan yang mempersatukan," lanjutnya.

Baca Juga: Anies Berterima Kasih Disambut Hangat di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya