Misi Pasar Dagang, Khofifah Silaturahmi dengan Warga Jatim di Sulsel

Khofifah : kekuatan ekonomi Jatim adalah perdagangan

Makassar, IDN Times - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jalin silaturahmi dan gathering penguatan pasar antar daerah dengan warga Jatim di Sulawesi Selatan, di Hotel MaxOne, Kota Makassar, Rabu malam (16/11/2022).

Acara silaturahmi dihadiri para pimpinan paguyuban Jatim di Sulsel, seperti paguyuban Madura, Arema, Ponorogo, Lamongan, Banyuwangi, Tuban, dan lainnya. Khofifah didampingi para kepala OPD Jatim, para Direktur Utama BUMD Jatim, dan para sesepuh warga Jatim di Sulsel.

"Tiap bulan kami melakukan misi dagang, (tapi) pada saat COVID-19 tidak setiap bulan kita bisa lakukan kunjungan. Kita lakukan virtual bisnis meeting," ungkap Khofifah kepada wartawan di Makassar, Rabu.

Baca Juga: Makna Hari Pahlawan Bagi Khofifah, Eri, hingga Emak-emak Surabaya

1. Khofifah: kekuatan ekonomi Jatim adalah perdagangan

Misi Pasar Dagang, Khofifah Silaturahmi dengan Warga Jatim di SulselGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat wawancara di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Khofifah mengakui bahwa kekuatan ekonomi di Jatim adalah perdagangan antar provinsi dan antar pulau. Tahun 2021, perdagangan antar provinsi Jatim surplus Rp 259 triliun.

"Jadi kami memang membangun koneksi semaksimal mungkin dengan seluruh provinsi di Indonesia. Kita punya market gede sekali, penduduk Indonesia saat ini 276 juta. Pasar yang besar," kata Khofifah.

2. Pemprov Jatim manfaatkan pasar yang besar

Misi Pasar Dagang, Khofifah Silaturahmi dengan Warga Jatim di SulselGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membatik. Dok Humas Pemprov Jatim

Dengan pasar yang besar dan menjanjikan itu, lanjut Khofifah, kini  fokus Pemprov Jawa Timur untuk terus-menerus menggencarkan misi dagang ke berbagai provinsi. 

"Bulan kemarin kita ke Aceh, bulan depan insyaallah kita ke Kalimantan Tengah. Jadi memang bangunan koneksitas kami dalam misi dagang agak komprehensif," ujarnya.

"Jadi Kadin Jatim besok  akan MoU dengan Kadin Sulsel, Iwapi Jatim dengan Iwapi Sulsel, Hipmi Jatim dengan Hipmi Sulsel, begitu juga ada Apindo, ada Forkas. Begitu juga OPD Jatim dan OPD Sulsel, ada juga MoU antar BUMD," sambung Khofifah.

3. Khofifah sebut bukan sekedar pertemuan trader dan buyer

Misi Pasar Dagang, Khofifah Silaturahmi dengan Warga Jatim di SulselGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberi tali asih ke warga Jatim di Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Menurut Khofifah, pertemuan yang dimulai sejak silaturahmi dengan warga Jatim di Sulsel dan penguatan pasar antar daerah hingga ke penandatanganan MoU bukan sekedar pertemuan Trader dan Buyer saja. Melainkan juga pertemuan dari pelaku-pelaku usaha, termasuk institusi dagang seperti Kadin, Iwapi dan Hipmi.

"Dan setiap misi dagang ini kita ajak raka raki yang menjadi duta wisata dan duta budaya Jatim, dan ini baru terpilih seminggu lalu," dia melanjutkan.

Baca Juga: Khofifah Siapkan Kendaraan Listrik untuk Mobil Dinas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya