Kuota Haji Sulsel Tahun Ini Diperkirakan 7.145

Pembagian kuota haji masih menunggu Kementerian agama

Makassar, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan belum bisa memastikan berapa kuota haji untuk wilayahnya pada tahun 2023. Namun kuota diperkirakan kembali normal seperti sebelum pandemik COVID-19.

Baru-baru ini Kementerian Agama merilis kuota jemaah haji tahun 2023 sebanyak 221 ribu orang. Sebelumnya di tahun 2022 kuota dikurangi setengah karena dampak pandemik.

"Khusus ya kuota untuk Sulsel masih menunggu dari pusat," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Kamis malam (12/1/2023).

Baca Juga: Kemenag Sebut Biaya Haji 2023 Bisa Naik

1. Khaeroni perkirakan kuota haji Sulsel 7.145

Kuota Haji Sulsel Tahun Ini Diperkirakan 7.145Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H. Khaeroni saat diwawancarai. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Meski belum ada keputusan resmi, Kemenag Sulsel sudah bisa memperkirakan jumlah kuota haji untuk daerahnya tahun ini. Jumlahnya diperkirakan 7.145, seperti kuota terakhir di tahun 2019 sebelum pandemik.

"Jika memang kuota 221.000 berarti kuota Sulsel sama dengan kuota 2019. Tapi hal itu menunggu pusat, jika sudah dipastikan maka kuota haji di kabupaten dan kota di Sulsel akan kami bagi," Khaeroni menerangkan.

2. Petinggi Kemenag masih ada di Arab Saudi

Kuota Haji Sulsel Tahun Ini Diperkirakan 7.145Kepulangan jemaah haji 2022. (dok. Angkasa Pura I)

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail juga berpendapat senada. Pihaknya belum bisa menginfokan kuota haji Sulsel sebab masih menunggu keputusan dari pusat.

"Para pimpinan kita juga kan masih ada di Arab Saudi, jadi kemungkinan akhir pekan baru bisa pulang untuk membahas itu," ucap Ikbal saat dihubungi terpisah.

3. Tidak ada pembatasan usia seperti tahun lalu

Kuota Haji Sulsel Tahun Ini Diperkirakan 7.145Ilustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain kuota haji yang dipastikan sudah kembali normal, Ikbal juga menyebutkan bahwa tahun ini tidak ada lagi syarat pembatasan usia. Pada tahun lalu, jemaah haji dibatasi usia maksimal 65 tahun karena situasi pandemil.

"Jadi insya Allah jamaah yang tunda-tunda kemarin itu karena umurnya lebih 65 tahun, tahun ini tidak lagi. Jadi yang tua ini kita usahakan memberangkatkan mereka semua tahun ini, kita doakan," katanya.

Baca Juga: Kuota Haji 2023 Jadi 221 Ribu, Simak Tips Ini saat Ajukan Paspor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya