Kapal Kargo Teman Niaga Tenggelam di Selat Makassar, 11 ABK Dicari

Empat orang ditemukan selamat di atas sekoci

Makassar, IDN Times - Kapal kargo KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar, Senin malam 22 Agustus 2022. Kapal tengah dalam perjalanan dari Pelabuhan Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, menuju Pelabuhan Biringkassi, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Sulsel Muhammad Rizal menerangkan, kapal bermuatan semen itu membawa 15 orang. Sebagian masih dalam pencarian.

"Laporannya sudah empat orang berhasil selamat, semua aksi lapangan di-handle Kansar (Kantor SAR) Banjarmasin," kata Rizal, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga: Tim SAR Cari Pendaki Tersesat di Gunung Bawakaraeng

1. Empat ABK dievakuasi ke kapal yang melintas

https://www.youtube.com/embed/pwdoecTyAic

Informasi kapal tenggelam didapatkan dari empat orang yang ditemukan selamat, Kamis (25/8/2022). Mereka dievakuasi ke kapal Dharma Fery 3 yang tengah berlayar dari Parepare, Sulsel, ke Batulicin, Kalsel. 

Empat korban selamat, masing-masing, Muhdi Mufazzan (24), Amir Efendi (22), Roihan Hariri (19), dan Husniwati (20). Saat ditemukan selamat, mereka berada di atas sekoci dengan kondisi terbalik. Video evakuasi empat korban beredar di YouTube dan media sosial.

"Selanjutnya mereka lalu dievakuasi ke rumah sakit Marina Permata di Batulicin, sementara 11 lainnya masih dalam pencarian," kata Rizal.

2. Diduga kapal tenggelam di tengah cuaca buruk

Kapal Kargo Teman Niaga Tenggelam di Selat Makassar, 11 ABK DicariIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menurut informasi yang dihimpun Basarnas Sulsel, KM Teman Niaga berlayar dari Kotabaru pada 21 Agustus 2022. Korban selamat, Muhdi Mufazan menerangkan, pada Senin malam 22 Agustus sekitar pukul 22.00 Wita, kapal tenggelam diakibatkan cuaca buruk.

Saat kejadian, kapal disebut berjarak 96 mil laut dari tujuannya, Biringkassi. Kapal melaju dengan kecepatan kurang lebih 6 knot.

3. Tim SAR cari 11 ABK hilang

Kapal Kargo Teman Niaga Tenggelam di Selat Makassar, 11 ABK DicariIlustrasi Tim SAR Gabungan dalam pencarian orang hanyut dan hilang di laut (Dok. Istimewa)

Saat ini, tim SAR tengah bergerak mencari sebelas ABK yang dinyatakan hilang. Kendali operasi ada di Kantor SAR Banjarmasin.

"Kami (Basarnas Sulsel) hanya bisa bantu menghitung jumlah pergerakan korban berdasarkan arus laut," ungkap Rizal.

Sebelas korban yang masih dicari, masing-masing, Wagirin (nakhoda), Victor Agustinus (Mualim I), Sunarto (Mualim II), Eddy Hayani S (KKM), Poniman (Masinis II). Berikutnya, Alfian Septiyanto (Masinis III), Kenedi (juru minyak), Indarrobit Afnani (juru minyak), Reynaldo Mangerongkonda (Juru Minyak), M. Fatir Maulana (Kelasi), dan M. Adam Septi.

Baca Juga: Dari Kapuas, Kapal Barang Tenggelam di Muara Sungai Barito Kalsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya