Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diminta Kurangi Waktu Berbelanja

Tetap jaga kesehatan dan kekompakan

Makassar, IDN Times - Jemaah haji asal Embarkasi Makassar diimbau agar tetap fokus untuk menjalankan ibadah haji saat sudah berada di Tanah Suci, Madinah dan Makkah di Arab Saudi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Ikbal Ismail mengatakan hal itu saat pelepasan kelompok terbang 2 di Asrama Haji Makassar, Sabtu (18/06/2022) pagi.

"Perbanyak ibadah saat tiba di tanah suci, dan jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berbelanja," ungkap Ikbal.

Baca Juga: Satu Orang di Makassar Tertunda Berangkat Haji karena Positif COVID-19

1. Maksimalkan ibadah di Masjid Nabawi

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diminta Kurangi Waktu BerbelanjaMasjid Nabawi di Madinah (IDN Times/Mela Hapsari)

Sebelum melepas jemaah kloter 2 di Aula Mina Asrama Haji Makassar, Ikbal Ismail menyebutkan, hotel yang ditempati jemaah di Madinah dekat dengan masjid Nabawi.

"Maksimalkan ibadah di Masjid Nabawi. Masjid Rasulullah di dalamnya ada makam Rasulullah dan di dekatnya itu ada makam Baqi," katanya sebelum pelepasan kloter 2.

Kloter 2 Embarkasi Makassar berjumlah 393 orang, terdiri dari tiga Kabupaten. 195 dari Kabupaten Gowa, 116 dari Kabupaten Sidrap, dan 78 dari kabupaten Maros.

2. Diingatkan makan sebelum lapar

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diminta Kurangi Waktu Berbelanjailustrasi pola makan sehat (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain disarankan maksimalkan ibadah dan kurangi berbelanja, jemaah haji dari Embarkasi Makassar ini juga diingatkan agar memperhatikan kondisi kesehatan.

Terutama, kata Ikbal, menjaga kesehatan dalam memperhatikan makam dan minum. Agar ibadahnya tetap fokus selama di tanah suci Mekkah selama kurang lebih 30 hari.

"Jangan hanya fokus beribadah tapi lupa makan dan minum," ujar Ikbal.

3. Tetap menjaga kekompakan

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diminta Kurangi Waktu BerbelanjaJemaah haji kloter satu Embarkasi Makassar disambut panitia penyelenggara haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (176/6/2022). Istimewa

Iqbal juga mengingatkan, jemaah adalah tamu Allah di tanah suci. Untuk itu jemaah diharapkan untuk menjaga kebersamaan, persatuan dan menjaga kekompakan.

"Bapak ibu ini tergabung dalam satu kloter bukan lagi atas nama kabupaten Gowa, Sidrap atau Maros. Bapak Ibu sekarang adalah kloter dua embarkasi Makassar,"

"Tetap menjaga kekompakan dalam regu, rombongan dan kloter. Ikuti aturan Saudi, ikuti aturan yang disampaikan. Ada ketua kloter dan ketua regu, ikuti apa yang telah disampaikan oleh mereka," ucap Ikbal.

"Bapak ibu adalah duta besar Indonesia. Jaga nama baik daerah, juga embarkasi Makassar utamanya. Saling membantu jika ada anggota atau teman kloter yang butuh pertolongan dan bantuan," tambahnya.

Diketahui, jemaah haji kloter 2 ini akan diberangkatkan dengan Garuda Indonesia GA1102 melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros.

Pesawat akan take off pukul 10.30 Wita, dan diperkirakan akan sampai di bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz Madinah sekitar pukul 18.10 Waktu Arab Saudi.

Baca Juga: Embarkasi Makassar Siap Sambut Jemaah Haji asal Indonesia Timur

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya