Eks Pangdam Andi Muhammad Tolak Tawaran Maju DPR RI Demi Pilgub Sulsel

Andi Muhammad ditawari nyaleg sejumlah parpol

Makassar, IDN Times - Eks Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Muhammad Mappanyukki mengungkapkan bahwa dia menolak tawaran beberapa partai politik. Dia sempat diajukan untuk mencalonkan sebagai calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2024.

Itu disampaikan Andi Muhammad usai menghadiri kegiatan bincang politik di warung kopi Daeng Anas, di Jalan Faisal Kota Makassar, Sabtu (21/1/2023).

"Saya diundang khusus oleh ketua partai untuk maju, tapi saya bilang mohon maaf pak ketua, saya ini mau fokus kepada Sulsel saja. Karena saya mau kasih kesempatan ke yang lain," ungkap Andi kepada wartawan.

Baca Juga: Pangdam Andi Muhammad Tebar Kode Ingin Mengabdi untuk Sulsel

1. Nyatakan diri siap bertarung sebagai Cagub Sulsel

Eks Pangdam Andi Muhammad Tolak Tawaran Maju DPR RI Demi Pilgub SulselIlustrasi Pilkada. (IDN Times/Mardya Shakti)

Andi Muhammad yang akrab dengan sapaan Panglima Ta menolak tawaran nyaleg demi pemilihan gubernur Sulsel. Dia ingin fokus mengikuti pertarungan tersebut.

"Jadi saya tegaskan lagi, saya siap untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel. Kalau bicara seluruh kabupaten dan kota di Sulsel seperti apa kesiapan saya, kalian sudah tahu siapa saya dan keluarga besar saya, kultur saya," katanya.

2. Andi sebut dirinya didorong masyarakat dari berbagai daerah

Eks Pangdam Andi Muhammad Tolak Tawaran Maju DPR RI Demi Pilgub SulselPangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad (kiri). (Dok. Kodam XIV/Hasanuddin)

Andi Muhammad mengatakan, niatnya semakin kuat karena mendapatkan dukungan dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel. Itu membuatnya semakin yakin maju di Pilgub Sulsel daripada menerima tawaran nyaleg.

"Saya pastikan diri saya maju ini bukan karena kemauan saya sendiri, tetapi keluarga dan kerabat serta pendukung saya yang datang dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Jadi saya tidak ragu soal itu," ucapnya.

3. Sudah ada delapan parpol menjalin komunikasi

Eks Pangdam Andi Muhammad Tolak Tawaran Maju DPR RI Demi Pilgub SulselPangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad (kiri) menjamu perwakilan kelompok suporter PSM Makassar. (Dok. Kodam XIV/Hasanuddin)

Andi Muhammad menegaskan tidak akan bertarung sebagai calon independen di Pilgub Sulsel. Dia ingin mengendarai partai politik. Saat ini sudah ada beberapa parpol yang dipertimbangkan.

"Tapi yang jelas saya sudah komunikasi dengan partai banyak. Sejauh ini ada delapan partai kalau saya tidak salah. Kalau soal (wakil) itu nanti kita lihat lagi, apakah birokrat, sipil (pengusaha) atau lainnya, nanti kita dilihat," katanya.

Soal peta kekuatan dan peluangnya di Pilgub Sulsel, Andi Muhammad tidak meragukan. "Silahkan tanya ke masyarakat siapa saya. Karena mungkin masyarakat tidak meragukan lagi bibit, bebet dan bobot saya untuk maju nanti," dia melanjutkan.

Baca Juga: Pangdam Andi Muhammad Masuk Radar Cagub PKS Sulsel 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya