ACT Sulsel Tutup Kantor, Polda Tunggu Perintah Mabes

Polda Sulsel belum ikut menyelidiki penyelewengan dana ACT

Makassar, IDN Times - Kantor yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Sulawesi Selatan di Kota Makassar ditutup, menyusul dibekukannya izin pengumpulan dan barang lembaga filantropi itu oleh Kementerian Sosial.

Dari pantauan IDN Times, kantor ACT Sulsel yang terletak di sebuah kompleks ruko di Jalan Sultan Alauddin itu tertutup rapat dan terkunci. Tidak ada orang yang berjaga di kantor itu. Cuma ada papan pemberitahuan yang tertempel pintu.

"Kantor tutup, segala bentuk aktivitas dihentikan sementara," demikian bunyi pesan pada papan informasi di kantor itu,  Sabtu (9/7/2022). 

Baca Juga: ACT Sulsel Bungkam soal Pencabutan Izin Donasi dari Kemensos

1. Kantor masih sempat beroperasi usai izin dicabut

ACT Sulsel Tutup Kantor, Polda Tunggu Perintah MabesACT cabang Sulawesi Selatan di Kota Makassar tertutup, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Dahrul Amri)

Kantor ACT Sulsel masih sempat beroperasi normal usai pencabutan izin dari Kemensos, pada Rabu 6 Juli 2022. Di kantor tersebut, masih terpantau adanya aktivitas.

Saat IDN Times masuk ke dalam, beberapa staf menyambut dan menanyakan apa yang bisa dibantu. Namun mereka enggan berkomentar terkait masalah pencabutan izin donasi dari Kemensos.

"Kami di kantor cabang tidak bisa berkomentar. Informasinya satu pintu," demikian kata salah satu staf.

Kepala Cabang ACT Sulsel, Maskur Muhammad, enggan berkomentar saat dihubungi via telepon.

2. Dinsos Makassar berencana segel kantor ACT Sulsel

ACT Sulsel Tutup Kantor, Polda Tunggu Perintah MabesACT (Aksi Cepat Tanggap) care for humanity (act.id)

Seiring pencabutan izin, Dinas Sosial Kota Makassar bakal menutup kantor ACT Sulsel. Penyegelan diagendakan pada Senin pekan depan.

Kepala Dinas Sosial Makassar Aulia Arsyad yang dihubungi via telepon mengungkapkan rencana penyegelan itu. Namun dia mengaku tidak tahu soal kantor ACT Sulsel yang sudah tertutup.

"Mungkin mereka sendiri yang tutup," katanya.

3. Polda tunggu perintah Mabes

ACT Sulsel Tutup Kantor, Polda Tunggu Perintah MabesMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Mabes Polri tengah menyelidiki dugaan penyalahgunaan dana umat oleh ACT. Beberapa petinggi dan mantan pimpinan ACT sudah diperiksa polisi.

Terkait penyelidikan itu, Polda Sulsel belum ikut turun tangan. Polda menunggu perintah dari Mabes Polri untuk menyelidiki aliran dana pada kantor cabang ACT di daerahnya.

"Kalau ada perintah dari Mabe pasti di tingkat polda akan juga melaksanakan (penyelidikan)," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Komang Suartana.

Baca Juga: MUI Sulsel Klarifikasi soal Kerja Sama Program dengan ACT

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya