23 Tahun Antang Makassar Dihantui Banjir: Kami Capek, Adakah Solusi?

Warga Blok 8 Perumnas Antang menderita karena banjir

Makassar, IDN Times - Ketua Rukun Warga (RT) 04, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Fatiah Bachmid (50), setiap tahun selalu berharap agar ada solusi mengatasi banjir di wilayahnya, Perumnas Antang Blok 8.

"Adakah solusi? kami kalau hitung-hitungan sudah 20 tahun lebih seperti ini. Awal kami kebanjiran akhir tahun 1999, kami mengungsi di masjid ini," ungkap Fatiah saat ditemui di masjid Al Muttaqin, Perumnas Antang Blok 8, Jumat sore (17/2/2023).

Fatiah menceritakan, masjid tersebut merupakan tempat pengungsian rutin setiap banjir melanda. Bahkan, mereka pernah menjalani bulan Ramadan dan Lebaran di tempat itu karena rumah kebanjiran.

"Semua itu sudah kami lalui. Makin ke sini tiap tahun bukan makin turun (banjir), malah naik," lanjutnya sambil menyeka air mata.

Diketahui, banjir besar mulai terjadi di Makassar pada Senin (12/2/2023) lalu. Saat itu banjir merendam 45 Kelurahan dari 12 Kecamatan. Dampaknya, sebanyak 2.929 orang harus mengungsi di 37 titik pengungsian.

1. Sudah 23 tahun warga Blok 8 Perumnas Antang dihantui banjir

23 Tahun Antang Makassar Dihantui Banjir: Kami Capek, Adakah Solusi?Ketua Rukun Warga (RT) 04, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Fatiah Bachmid (50). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Akibat banjir yang selalu datang tiap tahun, kata Fatiah, warga Perumnas Antang Blok 8 harus rugi uang, tenaga dan waktu. Perabotan rumah yang rusak terendam air mesti dibuang lalu diganti dengan uang tabungan.

"Setinggi apa kami berusaha angkat barang kami. Ini sudah lima kali (banjir), November 2022, Desember dua kali, Januari (2023) dan bulan Februari yang kelima. Kalau memang ada yang diusahakan setidaknya semakin berkurang tinggi airnya, tetapi ini makin parah, kasihanilah kami pak, warga Makassar," jelas Fatiah.

Setiap banjir datang, bantuan sembako dan kebutuhan harian memang selalu berdatangan dari berbagai pihak. Namun, itu bukan solusi untuk mengakhiri penderitaan warga korban banjir.

"Selalu ada yang datang membawa bantuan bilang sabar bu, sabar bu. Kurang sabar apa kami selama 23 tahun kami bertahan di sini? Kalau mau pergipun mau pergi kemana? Jadi tolonglah, kami capek, kami butuh solusi," sambungnya.

2. Pemerintah sebut banjir terparah di Blok 8 Perumnas Antang

23 Tahun Antang Makassar Dihantui Banjir: Kami Capek, Adakah Solusi?Proses evakuasi warga dan bayi di blok 8, Kecamatan Manggala, Makassar. (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Camat Manggala Makassar, Andi Anshar mengaku, banjir terparah di wilayahnya memang di Blok 8 Perumnas Antang, Kelurahan Manggala. Ketinggian air bahkan mencapai 1,5 meter.

"Ketinggian air bervariasi di wilayah Manggala, antara 10 sentimeter, 30, 80 sampai 150 sentimeter itu yang terparah di blok 8. Berdasarkan laporan sebagian besar warga sudah mengungsi," jelas Andi Anshar.

Pantauan IDN Times Sulsel di Blok 8, tim SAR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan anggota SAR Brimob Polda Sulsel, masih terus melakukan evakuasi warga dan mengantar makanan ke warga yang bertahan.

Baca Juga: Banjir Makassar, LBH: Warga Bisa Gugat Pemkot-Pemprov ke Pengadilan

3. Titik banjir dan pengungsian di Manggala Makassar

23 Tahun Antang Makassar Dihantui Banjir: Kami Capek, Adakah Solusi?Warga mengambil gambar bajir di blok 8, Manggala, Kota Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dari delapan kelurahan di Manggala lanjut Andi Anshar, semuanya dilanda banjir. Tetapi ada tiga kelurahan yang warganya harus mengungsi, yaitu Kelurahan Manggala sebanyak 12 titik pengungsian, Batua 1 titik, dan Antang 1 titik.

"Sementara jumlah titik genangan banjir di Manggala secara keseluruhan ada 33 titik dengan total pengungsi sampai dengan hari ini 760 jiwa dari 179 KK (kepala keluarga). Kami di Manggala punya inovasi Matabe (Manggala Tanggap Bencana), jadi semua titik pengungsian sudah ada personel Matabe," ujarnya.

Matabe membantu para korban banjir di Kecamatan Manggala Makassar dalam hal penanganan kesehatan di 12 posko.

Baca Juga: Walhi Siap Penuhi Tantangan Danny Pomanto soal Data Banjir Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya