17 Agustus, Pedagang Pasar di Makassar Gelar Lomba Tangkap Bebek

Para peserta kompak pakai seragam murid SD

Makassar, IDN Times - Beragam kegiatan jadi penyemarak hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022). Di Pasar Rakyat Maricayya, Kecamatan Mamajang Kota Makassar, para pedagang menggelar beragam lomba.

Uniknya, para pedagang pasar yang mengikuti lomba mengenakan kostum seragam siswa sekolah dasar (SD). Mereka mengikuti lomba dengan riang gembira.

"Para pedagang yang terlibat pasti umur di atas 20 tahun sampai 50 tahun, ini orang tua semua," kata Ketua Asosiasi Pasar Maricayya, Darmin kepada wartawan, Rabu.

Baca Juga: [FOTO] 5.005 Meter Bendera Merah Putih Selimuti Pantai Losari

1. Lomba tangkap bebek dengan mata tertutup

17 Agustus, Pedagang Pasar di Makassar Gelar Lomba Tangkap BebekLomba tangkap bebek diikuti pedagang di Pasar Maricayya, Makassar, Rabu (17/8/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Salah satu lomba unik pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Pasar Maricayya adalah lomba tangkap bebek. Pesertanya diberi tantangan menangkap dua bebek di arena dengan mata tertutup.

Lomba itu jadi perhatian pengunjung pasar. Mereka yang menyaksikan dibuat tertawa aksi kocak peserta. Misalnya saat tangan salah satu peserta diinjak pesaingnya.

"Alhamdulillah, kita merayakannya dengan penuh hikmat dan penuh kebersamaan, itu memang yang selalu dan senantiasa agar kita dorong agar sesama pedagang pasar selalu kompak dan bahagia," kata Damin.

2. Parodi anak SD saat belanja

17 Agustus, Pedagang Pasar di Makassar Gelar Lomba Tangkap BebekPedagang di Pasar Maricayya Makassar parodikan anak SD saat belanja dalam memeriahkan kemerdekaan RI ke 77, Rabu (17/8/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Selain lomba, pedagang Maricayy mempertunjukkan parodi sekumpulan anak SD tengah berbelanja. Mereka menunjukkan adegan-adegan dan dialog kocak yang bikin penonton tertawa.

"Kalau parodi atau drama membeli ini kan inisiatif dari mereka (pedagang), jadi kami (panitia) lihat ada kreativitas dan kompak juga antara pedagang," kata Darmin.

3. Pererat silaturahmi lewat lomba

17 Agustus, Pedagang Pasar di Makassar Gelar Lomba Tangkap BebekLomba makan kerupuk diikuti pedagang Pasar Maricayya, Makassar, Rabu (17/8/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Ada beberapa lomba khas 17an yang digelar di Pasar Maricayya. Seperti lomba makan kerupuk dan joget balon. 

"Beginilah cara kita peringati kemerdekaan Indonesia, kita buat suasana kebersamaan di Pasar Maricayya, agar emosional dan kedekatan kita selalu terjaga," ujar Darman.

"Kalau boleh bisa tahun yang akan datang kita tingkatkan lagi, kalau umur kita masih panjang. InsyaAllah lomba hari ini nanti kita tutup dengan makan-makan bersama sesama pedagang," Darmin menambahkan.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Sudirman: Mari Mengedepankan Sipakatau

Baca Juga: Semarak Kemerdekaan, Pakai Twibbon Resmi HUT ke-77 RI di Link Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya