Wagub Sulsel Tawarkan Proyek Infrastruktur Tol ke Investor Singapura

Total ada 4 tol dan salah satunya ada di Sulsel

Makassar, IDN Times - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, Pemprov Sulsel tengah menawarkan kerja sama untuk beberapa proyek infrastruktur di Tanah Air kepada pemerintah Singapura. Salah satu proyek tol itu ada di Sulsel.

"Di sana saya menawarkan sejumlah kerja sama termasuk proyek tol. Tapi kan ini pemerintah pusat yang pegang," kata Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (29/11).

Di kawasan Sulsel, proyek tol yang tengah digenjot, yakni Jalan Tol Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata).

1. Ada empat proyek jalan tol yang ditawarkan ke investor asing

Wagub Sulsel Tawarkan Proyek Infrastruktur Tol ke Investor SingapuraProyek tol layang Jalan AP Pettarani, Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) tengah menggelar market sounding atau penjajakan minat pasar untuk empat ruas proyek tol. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan proyek jalan tol tersebut kepada calon investor. 

Keempat ruas tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Gedebege Tasikmalaya-Cilacap, dan Tol Mamminasata.

Dengan demikian, pembangunan proyek jalan tol tersebut akan menggunakan model kerja sama dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha ( KPBU) di mana pemerintah dan badan usaha bekerja sama dalam menyediakan infrastruktur untuk kepentingan umum. 

Baca Juga: Catatan Setahun "Prof Andalan" Pimpin Sulawesi Selatan

2. Tol Mamminasata diusulkan jadi PSN

Wagub Sulsel Tawarkan Proyek Infrastruktur Tol ke Investor SingapuraIlustrasi/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Untuk proyek Tol Mamminasata, rencananya akan dibangun sepanjang 48,12 km dengan biaya sebesar Rp 9,41 triliun. Pemerintah pun mengusulkan agar proyek ini masuk sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). 

"Sehingga, pembiayaannya berasal dari pemerintah pusat dan sudah masuk dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020," kata Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Muhammad Saleh.

3. Tol Mamminasata akan jadi bagian Middle Ring Road

Wagub Sulsel Tawarkan Proyek Infrastruktur Tol ke Investor SingapuraIDN Times/Arief Rahmat

Saleh menjelaskan, proyek jalan tol ini nantinya akan menghubungkan kawasan industri dengan Makassar New Port. Selain itu juga akan menjadi bagian dari pengembangan jalan Middle Ring Road.

"Jadi, nantinya terkoneksi. Kami berharap proyek ini bisa cepat terealiasasi, sehingga dapat mendukung konektivitas daerah penyangga di Sulsel," katanya.

Baca Juga: Beroperasi, Dermaga Makassar New Port Tekan Antrean Peti Kemas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya