Zulkifli Lantik Ashabul Kahfi Ketua PAN Sulsel 4 Periode

Kahfi bertekad mengembalikan kejayaan PAN di Sulsel

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2020-2025. Pelantikan berlangsung di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021).

Dalam arahannya, Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas mengingatkan seluruh kader maupun pengurus untuk selalu berjuang bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dia menegaskan PAN tidak hanya berjuang untuk umat Islam, melainkan juga seluruh rakyat Indonesia.

"Untuk kemanusiaan, itulah yang kita sebut dengan rahmatan lil Al-Amin. Partai kita ini partai jalan tengah. Kita tidak mungkin ikut adu domba, karena platfromnya memperkuat persatuan," kata Zulhas dalam sambutannya.

Baca Juga: Ketum PAN Zulkifli Hasan Bertemu Andi Sudirman, Bahas Pilgub Sulsel?

1. Pengurus DPD harus ikut pelatihan daring

Zulkifli Lantik Ashabul Kahfi Ketua PAN Sulsel 4 PeriodeKetua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se-Sulsel periode 2020-2025 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Kepada pengurus DPW dan DPD yang baru saja dilantik, Zulhas mengatakan bahwa mereka akan mengikuti pelatihan daring untuk seluruh pengurus. Dalam pertemuan daring itu, pengurus akan mengikuti peningkatan kapasitas.

Dalam pertemuan upgrading, para pengurus akan diberikan orientasi partai mulai dari apa tujuan berpartai, apa itu partai politik, hingga apa perbedaan PAN dengan partai lainnya. Zulhas mengatakan orientasi ini penting sehingga tidak terjadi disorientasi pada pengurus.

"Tolong DPD kita akan melakukan daring. Satu hari tiga atau lima DPD dengan tiga grup. Daring saja karena kalau dikunjungi waktunya tidak cukup," katanya.

2. Ashabul Kahfi pimpin PAN Sulsel untuk periode keempat

Zulkifli Lantik Ashabul Kahfi Ketua PAN Sulsel 4 PeriodeKetua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi saat pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se-Sulsel periode 2020-2025 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Zulkifli Hasan turut melantik Ashabul Kahfi yang kembali dipercayai menjabat Ketua DPW PAN Sulsel. Ini merupakan keempat kalinya dia menjabat posisi tersebut sekaligus juga menjadi sejarah karena belum ada politisi PAN yang bisa mengemban amanah selama itu.

Ashabul Kahfi terpilih secara aklamasi pada Muswil V DPW PAN Sulsel di Hotel Aston Makassar, pada 19 Juli 2020 silam. Dia ditetapkan sebagai formatur tunggal oleh Zulkifli Hasan di Jakarta.

Agenda pelantikan awalnya sempat dijadwalkan pada Juni 2021 lalu, namun tertunda karena gelombang kedua penyebaran COVID-19. Agenda pelantikan ini juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja Wilayah (Rakewril) PAN Sulsel. 

3. Ashabul Kahfi ingin kembalikan kejayaan PAN di Sulsel

Zulkifli Lantik Ashabul Kahfi Ketua PAN Sulsel 4 PeriodeKetua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi saat pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se-Sulsel periode 2020-2025 di Hotel Claro Makassar, Senin (22/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Ashabul Kahfi dalam sambutannya tak ingin berkomentar banyak. Setelah memimpin DPW PAN Sulsel di periode keempatnya ini, dia mengaku tak ingin menebar janji politik.

Dia hanya menekankan kepada seluruh pengurus dan kader PAN di bawah komandonya benar-benar berjuang untuk masyarakat Sulsel. Dia juga berharap pengurus yang dilantik hari ini mampu mengembalikan kejayaan PAN di Sulsel.

"Mengembalikan posisi PAN di Sulsel. Kita dulu di posisi keempat, kelima. Nanti minimal kita menjadi tiga besar di Sulsel. Saya optimis dengan potensi yang ada, saya yakin itu tidak sulit," katanya.

Baca Juga: PAN Akan Tetap Setia Meski Jokowi Belum Pikirkan Reshuffle Kabinet

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya