Waspada Hepatitis Akut, KKP Makassar Tingkatkan Pengawasan Pelabuhan

Kondisi setiap penumpang yang datang akan dipantau

Makassar, IDN Times - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar meningkatkan pengawasan terhadap penumpang, kru hingga barang bawaan di lingkungan pelabuhan menyusul temuan kasus hepatitis akut misterius di beberapa negara termasuk Indonesia. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Muhammad Haskar Hasan, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait kasus hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya ini. Kendati begitu, pihaknya telah menyiapkan tim sesuai perintah dari surat edaran Kemenkes untuk mengawasi ketat pelabuhan.

"Tentunya kami akan meningkatkan pengawasan bagi alat angkut, barang dan orang termasuk juga lingkungan kami untuk pengamatan faktor resiko kesehatan yang kemungkinan besar menjadi punya potensi menyebabkan penularan penyakit hepatitis akut," kata Haskar, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Tim Detektor COVID Disiapkan Deteksi Kasus Hepatitis Akut di Makassar

1. Mengawasi penumpang khususnya dari Inggris

Waspada Hepatitis Akut, KKP Makassar Tingkatkan Pengawasan PelabuhanIlustrasi pelabuhan. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Penumpang kapal yang masuk ke Makassar akan diawasi ketat baik dari dalam negeri, apalagi luar negeri utamanya dari Inggris. Pasalnya, kasus hepatitis akut telah terdeteksi di Inggris. Belakangan, kasus hepatitis akut misterius juga terdeteksi di Jakarta.

Adanya temuan kasus di Jakarta itu membuat KKP tidak tebang pilih dalam mengawasi penumpang. Menurut Haskar, pengawasan terhadap penumpang harus dilaksanakan secara menyeluruh baik untuk penumpang dalam negeri maupun internasional.

"Tentunya yang menjadi perhatian utama yaitu bagi pelaku perjalanan luar negeri di mana kasus tersebut terdapat kasus hepatitis akut seperti misalnya inggris, kita amati," kata Haskar.

2. Petugas akan memperhatikan kondisi penumpang

Waspada Hepatitis Akut, KKP Makassar Tingkatkan Pengawasan PelabuhanIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Haskar menjelaskan pihaknya akan mengecek langsung kondisi penumpang seperti mengukur suhu tubuh dan melihat secara detail warna kulit penumpang. Apalagi ada beberapa gejala hepatitis yang bisa terlihat langsung seperti warna kulit tubuh, mata hingga kuku yang berwarna kuning.

Jika ada penumpang yang ditemukan mengalami gejala-gejala tersebut, maka petugas KKP akan dengan sigap membawa penumpang tersebut untuk pengecekan kesehatan. Penumpang itu akan untuk mengetahui kemungkinan dia mengidap hepatitis tipe A,B,C,D, E atau hepatitis akut misterius.

"Oleh karena itu kami teman-teman ada yang menemukan, kita akan merujuk yang bersangkutan untuk diambil sampel darahnya untuk pemeriksaan," ujarnya.

3. KKP minta semua pihak ikut terlibat cegah hepatitis akut

Waspada Hepatitis Akut, KKP Makassar Tingkatkan Pengawasan Pelabuhanilustrasi penyakit liver (pixabay.com/mohamed Hassan)

Menurut Haskar, seluruh pihak harus terlibat dalam pencegahan penyakit hepatitis akut ini mulai dari pemerintah, maskapai, pemilik kapal hingga masyarakat. Untuk itu, pihaknya berharap semua sektor terlibat dalam mencegah masuknya penyakit tersebut.

"Oleh karena itu kita harus melibatkan semua sektor untuk sama-sama mengamati karena petugas kesehatan tidak semuanya berada di mana-mana mendampingi semua penumpang,' ucapnya. 

Baca Juga: Cegah Hepatitis, Seluruh Kantin Sekolah di Makassar Dilarang Jualan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya