Warga Khusyuk Ibadah Salat Idul Adha di Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah dipadati jemaah salat Idul Adha

Makassar, IDN Times - Sebagian warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengikut salat Idul Adha di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Minggu (10/7/2022). Warga begitu khusyuk saat melaksanakan ibadah salat id. 

Harun, salah satu warga mengaku senang dapat melaksanakan salat Id di lokasi tersebut. Sejak diresmikan awal tahun lalu, Hasan juga telah dua kali melaksanakan salat Id di saja.  

Hasan mengaku senang dengan desain masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang unik. Menurutnya, masjid tersebut terlihat estetik sehingga cocok untuk berfoto bersama keluarga.

"Alhamdulillah ini kali kedua saya salat Id disini, Idul Fitri lalu dan saat ini (Idul Adha). Saya merasa nyaman bisa salat di sini," kata Hasan.

1. Salat id dilaksanakan di pelataran

Warga Khusyuk Ibadah Salat Idul Adha di Masjid 99 Kubah MakassarSuasana salat Idul Adha di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dan pelataran Lego-lego di CPI Makassar, Minggu (10/7/2022). Humas Pemprov Sulsel

Warga datang ke Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dengan membawa sanak keluarganya masing-masing. Mereka antusias mendengar khutbah bertajuk 'Keagungan Islam' yang dibawakan oleh Ustaz Dr Iqbal Gunawan, MA. Adapun yang bertindak sebagai imam yaitu Imam Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Muhammad Syahrul Habib, S.Hi,. M.Pd.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Sulsel, Iqbal Nadjamuddin, menjelaskan bahwa pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini masih sama dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri lalu. Pihak masjid hanya membuka pelataran masjid hingga ke Lego-lego.

"Pelaksanaan salat Idul Adha masih sama dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri, masih menggunakan pelataran masjid sampai ke pelataran Lego-lego," katanya.

2. Gubernur sampaikan ucapan selamat Hari Raya

Warga Khusyuk Ibadah Salat Idul Adha di Masjid 99 Kubah MakassarGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Tanah Suci Mekkah. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat hari Raya Idul Adha 1443 Hijrah kepada seluruh umat muslim, khususnya warga di Sulawesi Selatan. Ucapan itu disampaikannya melalui sebuah video singkat.

Sudirman kini tengah berada di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Karena itu, dia yang bisa menyampaikan ucapan selamat dari jauh.

"Saya Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan mengucapkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan khususnya yang merayakan Idul Adha, Taqobbalallahu minna wa minkum," ucapnya. 

Baca Juga: Daftar Lokasi Salat Idul Adha di Makassar Tanggal 9 dan 10 Juli 2022

3. Idul Adha jadi momentum saling berbagi

Warga Khusyuk Ibadah Salat Idul Adha di Masjid 99 Kubah MakassarUcapan selamat Hari Raya Idul Adha (IDN Times/Tyas Hanina)

Sudirman berharap momentum Idul Adha ini mengajarkan kepada masyarakat untuk berbagi kepada sesama. Idul Adha, kata dia, telah mengajarkan kepada umat Islam mengenai keikhlasan dalam sebuah pengorbanan untuk berbagi kepada sesama.

"Mari kita syiarkan semangat berkurban dan saling peduli serta membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga keikhlasan kurban kita dicatatkan sebagai pahala di sisi-Nya, aamiin," katanya.

Baca Juga: Sebagian Umat Muslim di Makassar Salat Idul Adha Hari Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya