Warga Antang Harap Sabar, Jalan Berlubang cuma Ditambal Dulu

Tahun depan baru dianggarkan pengerjaan total

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akhirnya menambal jalan berlubang di ruas Jalan Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Pasalnya, tak sedikit warga dan pengendara mengeluhkan kondisi jalan berlubang tersebut.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sulsel, Astina Abbas, mengatakan, penambalan lubang jalan itu merupakan pemeliharaan rutin. 

"Pemprov melakukan penanganan melalui pemeliharaan rutin agar jalan tersebut tidak membahayakan bagi para pengguna jalan dan pengendara," kata Astina dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/3/2022).

1. Menyulitkan pengendara saat hujan

Warga Antang Harap Sabar, Jalan Berlubang cuma Ditambal DuluKondisi jalanan berlubang di ruas Jalan Antang Makassar, Jumat (11/3/2022). Humas Pemprov Sulsel

Ruas Jalan Antang biasanya padat dilalui kendaraan. Bahkan kendaraan berat seperti truk yang melintas telah menjadi pemandangan sehari-hari. Hal ini mengingat Jalan Antang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa.

Jika cuaca cerah, bagian jalan yang berubang akan tampak dengan jelas sehingga lebih mudah dihindari. Namun yang memperparah keadaan saat kondisi hujan di mana banyak genangan bahkan banjir yang membuat pengendara kesulitan melihat lubang.

2. Jalan berlubang hanya sekadar ditambal

Warga Antang Harap Sabar, Jalan Berlubang cuma Ditambal DuluPetugas menimbun jalanan berlubang di ruas Jalan Antang Makassar, Jumat (11/3/2022). Humas Pemprov Sulsel

Untuk penimbunan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang menggunakan agregat kelas A yang nantinya setelah itu akan ditutup dengan aspal cold mix. Jika kondisi cuaca terus baik, maka penimbunan jalan berlubang ini ditargetkan segera rampung.

Adapun, rencana penanganan ruas jalan Antang dimulai dari jembatan menuju arah Bukit Baruga hingga jembatan depan pasar Antang.

Baca Juga: Sering Melibas Jalan Berlubang? 3 Komponen Ini Rentan Rusak

3. Pemprov alokasikan pengerjaan tahun depan

Warga Antang Harap Sabar, Jalan Berlubang cuma Ditambal DuluIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Astina menegaskan penimbunan dikerjakan terlebih dahulu karena mengingat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Makassar dan sekitarnya. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan pengaspalan.

Dia menyebutkan bahwa pengaspalan akan sulit dikerjakan saat musim hujan.

"Kali ini dilakukan penanganan darurat. Insya Allah, tahun depan kita segera alokasikan untuk preservasi ruas jalan dan salurannya," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Bakal Buat Saluran Air untuk Jalan Tun Abdul Razak Gowa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya