Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Makassar Capai 50 Persen

Makassar target 70 persen vaksinasi

Makassar, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), hingga saat ini sudah mencapai 50 persen. Hal itu seiring dengan langkah percepatan vaksinasi oleh pemerintah daerah setempat.

Juru Bicara Makassar Recover Henny Handayani mengatakan vaksinasi di Makassar menyasar semua kalangan masyarakat mulai dari tenaga kesehatan, tenaga pendidik, petugas publik, lansia, pedangang pasar, masyarakat umum, kaum difabel hingga pelajar dan mahasiswa. 

"Capaian vaksinasi Kota Makassar untuk dosis pertama sudah mencapai 50,06 persen dan untuk dosis dua 31 persen lebih," kata Henni Handayani, Minggu (05/09/2021).

1. Makassar targetkan vaksinasi 1.102.330 warga

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Makassar Capai 50 PersenIlustrasi petugas tenaga kesehatan berdiri di depan video penggunaan vaksin saat pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pemerintah Kota Makassar menargetkan vaksinasi untuk 1.102.330 warga atau 70 persen dari total penduduk. 

Dinas Kesehatan Kota Makassar mencatat capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama hingga 1 September 2021, telah mencapai 50,06 persen atau sekitar 551.879 orang dari target sasaran. 

Sementara dosis kedua mencapai mencapai angka 31,77 persen atau 350.247 orang.

2. Pemkot libatkan semua pihak

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Makassar Capai 50 Persenilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Henny menegaskan vaksinasi merupakan salah satu langkah untuk melawan COVID-19. Dia mengatakan Pemerintah Kota Makassar akan terus mengenjot vaksinasi dengan melibatkan sejumlah pihak. 

"Semoga stok vaksin terus tersedia, karena ini salah satu jalan untuk melawan COVID-19 dengan herd immunity. Pemkot Makassar akan terus memaksimalkan agenda vaksinasi ini dengan melibatkan sejumlah pihak seperti IDI, PMI, Ormas dan Kepemudaan," kata Henny.

Baca Juga: Tarik Perhatian, Kodim Makassar Gelar Vaksinasi di Mobil Tank Tempur

3. Makassar akan gelar vaksinasi serentak tingkat RT

Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Makassar Capai 50 PersenIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar melalui program Makassar Recover akan menggenjot vaksinasi untuk mencapai target 70 persen dari populasi atau sebanyak 1.102.330 warga.

Untuk memenuhi target itu, Pemkot akan menggelar vaksin serentak di 100 rukun tetangga (RT) setiap harinya. Saat itu Henny menyatakan hal ini untuk lebih memassifkan vaksinasi di Kota Makassar. 

"Tentu kita bergantung pada stok vaksin yang diberikan pemerintah pusat. Sehingga program ini baru akan dimulai September saat vaksin sudah tersedia," kata Henni.

Baca Juga: Percepat Herd Immunity di Makassar, BPJAMSOSTEK Gelar Vaksinasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya