Vaksinasi Bukan Syarat Utama Siswa di Sulsel Boleh Belajar Tatap Muka

Aturan PTM telah diatur dalam surat edaran

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan vaksinasi bukan syarat utama bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Terpenting ialah izin orangtua dan kriteria level PPKM.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menuturkan saat ini pihaknya tengah mendorong vaksinasi termasuk di kalangan pelajar. Meski vaksinasi diharapkan mempercepat PTM tapi tujuan utamanya ialah membentuk herd immunity (kekebalan kelompok).

"Vaksin itu kan memang mengejar herd immunity untuk semua, baik pelajar atau bukan," kata Sudirman di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (31/8/2021)

1. Hanya tenaga pendidik yang harus divaksinasi

Vaksinasi Bukan Syarat Utama Siswa di Sulsel Boleh Belajar Tatap MukaIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sudirman sendiri telah menerbitkan surat edaran tentang pembelajaran tatap muka di masa pandemik COVID-19. Dia meneken surat bernomor 420/8349/Disdik itu kemarin, Senin 30 Agustus 2021.

Dalam aturan itu tidak disebutkan bahwa siswa harus divaksinasi. Namun untuk sekolah yang ingin menggelar PTM, harus memastikan bahwa semua tenaga pendidiknya telah menjalani vaksinasi COVID-19. Sekolah juga harus mendapatkan persetujuan dari kepala daerah.

Selain itu, sekolah juga harus mendapat izin dari orangtua siswa yang bersedia mengantar jemput mereka. Orangtua juga diminta memastikan siswa tidak berkeliaran pada saat menuju dan pulang dari sekolah.

Namun sebenarnya PTM disesuaikan dengan kriteria situasi pandemik COVID-19 berdasarkan level PPKM. Daerah yang dibolehkan menggelar PTM hanya yang menerapkan PPKM Level 1,2, dan 3. Sementara daerah yang masih PPKM Level 4, hanya menggelar pembelajaran daring.

"PTM sudah jalan. Seharusnya yang level 1,2,3 itu sudah tidak ada alasan kenapa tidak buka," jelasnya.

2. Vaksinasi untuk pelajar tetap digenjot meski bukan syarat utama PTM

Vaksinasi Bukan Syarat Utama Siswa di Sulsel Boleh Belajar Tatap Mukailustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Hery Sumiharto, mengatakan vaksinasi untuk pelajar terus digenjot. Dalam sepekan saja, sudah ada beberapa SMA di Makassar yang mengikuti vaksinasi seperti SMA 13 dan SMA 21. 

"Tiap hari kita lakukan vaksinasi. Kami bekerja sama dengan BIN dan juga ada penawaran dari Polda. Kemudian kita difasilitasi oleh Plt gubernur melalui vaksinator keliling rata-rata 1.000 vaksin setiap hari," kata Hery.

Hery mengatakan vaksinasi pelajar juga termasuk upaya untuk mengejar herd immunity. Untuk itu, pihaknya terus mendorong vaksinasi di sekolah-sekolah tingkat SMA.

"Besok pindah lagi ke sekolah lain sampai misalnya kita juga melihat kapasitas vaksin yang ada kalau anak-anak kita semuanya sudah siap untuk divaksin seperti di Pinrang, di Wajo," katanya.

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap Muka

3. Pelaksanaan PTM tetap tergantung pemda

Vaksinasi Bukan Syarat Utama Siswa di Sulsel Boleh Belajar Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemik (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Karena vaksinasi bukan syarat utama PTM, Hery menegaskan bahwa siswa yang ingin ikut vaksinasi harus mendapat izin dari orangtua. Artinya tidak ada paksaan untuk mengikuti vaksinasi.

"Yang wajib melaksanakan tatap muka itu menurut Kemendikbud dan SKB 4 menteri bahwa level 1, 2, 3. Itu pun pembelajaran terbatas. Sekian persen untuk level 25 persen untuk level 3, 50 persen untuk level 2, dan 60 persen untuk level 1. Level 4 yang mungkin ada yang belum bisa," kata Hery.

Sebenarnya, kata Hery,  pelaksanaan PTM tergantung dari pemerintah daerah juga. Vaksinasi memang diharuskan untuk masyarakat secara keseluruhan tapi untuk PTM tetap dikoordinasikan dengan Pemda.

"Karena meskipun kabupaten/kota zona merah tapi kan tidak semua daerahnya masuk zona merah, kan sudah jelas dari surat edaran Pak Plt Gubernur," katanya.

Baca Juga: Siswa Maros Mulai Belajar Tatap Muka, Orangtua Marah jika Dihentikan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya