Teman Bus di Makassar Kembali Berhenti Beroperasi Sementara

Operasional terkendala administrasi di pemerintahan pusat

Makassar, IDN Times - Armada Teman Bus di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dalam beberapa hari terakhir tak tampak beroperasi di jalan. Rupanya, layanan Teman Bus sementara waktu tidak beroperasi hingga batas yang belum ditentukan.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, mengatakan kondisi ini tidak hanya terjadi di Makassar, melainkan di daerah lain yang juga menyediakan Teman Bus. Selain Makassar yaitu Banyumas, Surabaya, Bandung dan Bogor.

"Semua koridor terhenti sementara karena di Jakarta ada kendala. Jadi dilelang ulang. Nanti kalau akhir bulan, kemungkinan besar sudah ada pemenang lelangnya," kata Arafah saat dihubungi IDN Times, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Dishub Sulsel Survei Ulang Rute Teman Bus Koridor MP-Bandara Makassar

1. Baru beroperasi sebulan lebih

Teman Bus di Makassar Kembali Berhenti Beroperasi SementaraSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Arafah mengatakan Teman Bus berhenti beroperasi per 31 Desember 2021 lalu. Artinya, Teman Bus beroperasi baru sebulan lebih sejak diluncurkan pada pertengahan November 2021 lalu. 

Pengoperasian kembali akan tergantung dari keputusan Kementerian Perhubungan. Begitu pun soal pemberlakuan tarif mengingat Teman Bus belum diberlakukan tarif selama beroperasi.

"Akhir bulan diupayakan. Tergantung Jakarta selesai tendernya, jalan lagi. Kami mengusulkan sekalian dengan tarif," kata Arafah.

2. Sempat berhenti karena sering diprotes sopir angkot

Teman Bus di Makassar Kembali Berhenti Beroperasi SementaraSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Teman Bus juga sempat berhenti beroperasi sementara karena adanya penolakan dari sopir angkutan kota. Namun layanan Teman Bus kembali beroperasi di tiga koridor, sementara koridor 2 belum beroperasi karena di sinilah yang paling banyak diprotes sopir angkutan kota.

Koridor 2 dianggap mengganggu jalur angkutan kota yang sudah lebih dulu ada. Karena itu, sopir angkutan kota meminta pemerintah membuat rute baru yang tidak mengganggu jalur mereka.

"Dikomunikasikan yang mana rute yang Teman Bus bisa lewati. Itu kan kemarin dibelokkan ke Tallasa city. Sudah itu. Sambil jalan nanti itu ada tim lagi untuk dikomunikasikan," kata Arafah.

3. Rute yang ditolak sopir angkot dievaluasi

Teman Bus di Makassar Kembali Berhenti Beroperasi SementaraSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dinas Perhubungan Sulsel, Prayudi Syamsibar, mengatakan koridor Teman Bus masih sama dan tidak ada rencana perubahan. Namun rute akan tetap dievaluasi seperti permintaan sopir angkutan kota.

"Pelayanan ini, tidak akan berhenti melayani untuk kawasan Makassar dan sekitarnya. Cuma memang kita pendekatan yang selalu disampaikan ke pimpinan untuk pendekatan dengan pete-pete secara persuasif," katanya.

Dia mengaku menyayangkan pemberhentian operasional Teman Bus saat masyarakat mulai senang menggunakannya. Untuk itu, dia berharap Kementerian Perhubungan segera mengoperasikan kembali Teman Bus.

"Jadi animonya sangat tinggi, kita juga berusaha dan sudah ada komitmen dari kementerian bahwa layanan ini tetap akan berjalan hanya kendalanya ya itu tadi administrasi saja. Layanan ini akan konsisten hingga 2024 seperti itu," katanya

Baca Juga: Sopir di Makassar Minta Teman Bus Tidak Ganggu Rute Petepete

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya