Comscore Tracker

Tangis Sudirman di Paripurna DPRD Sulsel, Kenang Jasa Nurdin Abdullah

Sudirman janji lanjutkan program Nurdin Abdullah

Makassar, IDN Times - Rapat paripurna DPRD Sulawesi Selatan, Senin (24/1/2022), diwarnai suasana haru. Ada dua agenda dalam rapat tersebut, yaitu pengumuman pemberhentian tetap Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel dan pengusulan Andi Sudirman Sulaiman sebagai pengganti definitif.

Dalam rapat ini, Andi Sudirman Sulaiman yang hadir secara virtual diberikan kesempatan memberikan pidato sambutan. Di sela-sela sambutan itu, Sudirman tiba-tiba terhenti sejenak sembari tertunduk.

Suaranya bergetar sambil mengusap matanya. Dia menangis saat mengenang perjuangannya bersama Nurdin Abdullah saat Pilgub 2018 lalu.

"Bagaimana pun Bapak Nurdin Abdullah adalah paket pilgub perjuangan kami 2018-2023 dalam visi misi pembangunan Sulsel yang kita cintai, kita banggakan," ucapnya dengan suara bergetar.

1. Janji lanjutkan program Nurdin Abdullah

Tangis Sudirman di Paripurna DPRD Sulsel, Kenang Jasa Nurdin AbdullahPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membaca pidato sambutan saat rapat paripurna di gedung DPRD Sulsel, Senin (24/1/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sudirman mengucapkan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya untuk Nurdin Abdullah. Dia menyebut selama ini Nurdin telah menjalankan amanat pembangunan. Namun sayang, kata Sudirman, perjuangan bersama itu tidak berlangsung sampai akhir.

Meski Nurdin Abdullah tidak bisa melaksanakan amanat itu hingga akhir masa jabatannya, namun Sudirman berjanji akan melanjutkan program-program mereka. 

"Bagaimanapun tidak akan pernah berganti dalam memenuhi janji-janji kampanye kami dalam Pilgub 2018 lalu. Semua memiliki kekurangan termasuk yang sedang membacakan pidato ini," ucap Sudirman.

2. Ketua DPRR Sulsel juga menangis

Tangis Sudirman di Paripurna DPRD Sulsel, Kenang Jasa Nurdin AbdullahKetua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika menangis bersama legislator PPP Andi Sugiarti Mangun Karim usai rapat paripurna di Gedung DPRD Sulsel, Senin (24/1/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Selain Sudirman, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari juga tampak tidak kuasa menahan tangisnya. Tangis Andi Ina pecah usai menutup rapat paripurna tersebut.

Andi Ina terlihat berpelukan dengan legislator PPP Andi Sugiarti Mangun Karim. Mereka menangis di sudut ruangan rapat paripurna tersebut.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Usulkan Sudirman jadi Gubernur Sulsel Definitif

3. Sudirman kini diusulkan jadi gubernur definitif

Tangis Sudirman di Paripurna DPRD Sulsel, Kenang Jasa Nurdin AbdullahPlt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Pada 2018, Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Nurdin Abdullah dalam kontestasi Pilgub. Pasangan ini diusung tiga parpol yaitu PAN, PDI Perjuangan dan PKS.

Saat itu, pasangan ini berhasil meraup 43,87 persen suara dan mengalahkan tiga pasang calon lainnya. Mereka pun dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel periode 2019-2023 oleh Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018.

Namun, kasus suap yang menyeret Nurdin membuat Andi Sudirman Sulaiman harus memimpin tampuk pemerintahan Sulsel selama dua tahun ke depan.

Kini setelah pemberhentian tetap Nurdin Abdullah, Sudirman pun diusulkan sebagai Gubernur Sulsel definitif. Nurdin sendiri telah divonis 5 tahun penjara atas kasus korupsi yang menjeratnya.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Diberhentikan, Sudirman segera Definitif

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya