Tahun 2021, Pemprov Sulsel Masih akan Fokus Tangani Pandemik COVID-19

Peningkatan kasus COVID-19 di Sulsel masih terjadi

Makassar, IDN Times - Memasuki tahun baru 2021, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih akan fokus menangani pandemik COVID-19. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah telah meminta seluruh elemen agar fokus terhadap hal tersebut. 

Hal itu disampaikan Nurdin dalam rapat kerja pelaksanaan kegiatan anggaran tahun 2021 dan evaluasi kegiatan tahun 2020 yang berlangsung di Ruang Rapim Kantor Gubernur Sulsel, Senin (4/1/2021). 

"Kalau saat ini kita masif fokus urus soal pandemik COVID-19 karena bukan hanya mengguncang manusia tapi juga mengguncang ekonomi kita," kata Nurdin.

1. Masih terjadi peningkatan kasus

Tahun 2021, Pemprov Sulsel Masih akan Fokus Tangani Pandemik COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Nurdin mengakui adanya peningkatan kasus harian positif COVID-19 akhir-akhir ini. Untuk itu, dia mengumpulkan semua kepala rumah sakit Pemprov Sulsel dan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel untuk membicarakan mengenai hal tersebut.

Menurutnya, peningkatan kasus harian itu juga sejalan dengan peningkatan jumlah pemeriksaan spesimen. Semakin banyak spesimen yang diperiksa maka semakin banyak pula kasus yang didapat.

"Ini diimbangi juga dengan jumlah spesimen kita dari 1.200 sekarang mencapai 4.000 per harinya," sebutnya.

2. Masyarakat diminta tidak risau

Tahun 2021, Pemprov Sulsel Masih akan Fokus Tangani Pandemik COVID-19(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Nurdin pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terlalu risau dengan kenaikan angka kasus positif COVID-19. Menurut dia, hal kenaikan tersebut menandakan bahwa penelusuran kontak juga kian masif dilakukan. 

"Kita harus gembira karena kita mampu menekan tracing contact secara masif. Semakin banyak orang yang terkena, semakin banyak orang yang diisolasi, itu semakin cepat kita dapat tracing kontak," jelasnya.

Hal terpenting saat ini, kata dia, Sulsel masih lumayan bagus untuk angka kematian dibandingkan dengan provinsi lain yang lebih dari 1 persen. 

"Kabar baiknya, alhamdulillah angka kematian dapat kita tekan. Saya kira kita mengawali tahun 2020 ini kita ketemu untuk bicara dari hati ke hati, kita berharap pengalaman di tahun 2020 ini bisa kita jadikan sebagai acuan di 2021," katanya.

3. Total terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulsel mencapai 32.787 kasus

Tahun 2021, Pemprov Sulsel Masih akan Fokus Tangani Pandemik COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai informasi, total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulsel hingga Minggu (3/1/2021), mencapai 32.787 kasus dengan jumlah kasus harian sebanyak 595 kasus. Kasus harian tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan 3.660 spesimen.

Dari jumlah total tersebut, sebanyak 28.812 orang dinyatakan sembuh dengan penambahan harian 664 orang. Sementara untuk angka kematian akibat COVID-19 sendiri sejauh ini sudah mencapai 607 orang dengan penambahan 6 orang. 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya