Sulsel Godok Program Menantu Bersinar, Wajib Tes Narkoba sebelum Nikah

Upaya BNN dan Pemprov Sulsel berantas peredaran narkotika

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggodok program Menantu Bersinar atau bersih dari narkoba. Hal ini dicanangkan saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang digelar di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/6/2021).

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan program ini merupakan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel.

"Mencari Menantu Bersinar atau bersih dari narkoba. Kita mau kerja sama dengan BNN, tentu juga dengan kabupaten/kota. Tidak lain adalah untuk menyisir bahwa nanti kan orang-orang cari menantu, supaya dia cari orang yang bebas narkoba," kata Sudirman.

1. Mencegah penyalahgunaan narkoba

Sulsel Godok Program Menantu Bersinar, Wajib Tes Narkoba sebelum NikahPara tahanan saat pemusnahan barang bukti narkotika di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Sudirman, program Menantu Bersinar merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda.  

"Tidak lain supaya nanti di antara anak-anak muda kita kan pasti inginnya menikah tapi kan belum tahu kapan menikahnya. Pasti mereka juga persiapkan dirinya bebas dari narkoba," kata dia.

2. Menyasar orang yang siap menikah

Sulsel Godok Program Menantu Bersinar, Wajib Tes Narkoba sebelum NikahSalah satu narkotika yang dimusnahkan BNN di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Program Menantu Bersinar ini nantinya akan menyasar orang-orang yang siap menikah. Namun untuk saat ini, program tersebut masih sementara digodok.

"Mudah-mudahan (segera terlaksana), ini masih digodok. Pak ketua (BNN Sulsel) juga sangat antusias membantu kita bagaimana kita men-support program ini terutama di wilayah strategis seperti Sidrap, Parepare dan wilayah-wilayah pelabuhan lainnya," ujarnya.

Baca Juga: BNNP Tangkap Pembuat Tembakau Sintetis di Perumahan Elite Makassar

3. Orang yang akan menikah harus tes urine

Sulsel Godok Program Menantu Bersinar, Wajib Tes Narkoba sebelum NikahPemusnahan barang bukti narkotika di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Kepala BNNP Sulsel Brigjen Pol Ghiri Prawija berasumsi tren peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Sulsel cenderung datar. Meski begitu, pihaknya terus berupaya mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, utamanya di kalangan generasi muda.

Salah satu upayanya dengan menggodok program Menantu Bersinar. Namun program ini masih akan dibicarakan dengan DPRD supaya bisa masuk dalam regulasi.

"Kami bicara ke Pak Gubernur ke depan ada program Menantu Bersinar. Jadi setiap orang menikah harus ada tes urine. Kalau terindikasi, dia harus punya surat rehabilitasi dulu," katanya.

Baca Juga: BNN Sebut Peredaran Narkotika Sulsel Paling Banyak di Wajo

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya