Sudirman Minta Bupati Lutim Percepat Pengerjaan Bandara Sorowako

Sudirman melantik Budiman sebagai Bupati Luwu Timur

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman melantik Budiman sebagai Bupati Luwu Timur (Lutim). Pelantikan digelar di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Senin (5/4/2021).

Sudirman melantik Budiman menjadi bupati melalui SK Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-684 Tahun 2021 Perubahan Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-356 Tahun 2021. 

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi momentum awal memberikan kemaslahatan bagi orang banyak, terkhusus bagi masyarakat Luwu Timur dan Sulawesi Selatan yang kita cintai," kata Sudirman.

1. Budiman sebelumnya dilantik sebagai wakil bupati

Sudirman Minta Bupati Lutim Percepat Pengerjaan Bandara SorowakoPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melantik Budiman sebagai Bupati Luwu Timur di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (5/4/2021). Humas Pemprov Sulsel

Saat pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada 26 Februari 2021 yang lalu, Budiman hanya dilantik sebagai wakil bupati. Saat itu, Budiman dilantik bersama kepala daerah lainnya di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel.

Budiman dilantik sebagai wakil bupati karena saat itu bupati terpilih hasil pilkada yaitu Thorig Hustler dinyatakan berhalangan tetap. Thorig Hustler meninggal dunia karena sakit beberapa hari sebelum pelantikan.

2. Budiman diminta percepat pembangunan Bandara Sorowako

Sudirman Minta Bupati Lutim Percepat Pengerjaan Bandara SorowakoIlustrasi bandara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam kesempatan itu, Sudirman menyebut soal Bandara Sorowako milik PT Vale Indonesia yang berada di Sorowako, Kecamatan Nuha. 

Sudirman mengaku telah berdiskusi dengan Budiman untuk membahas rencana Pemprov Sulsel yang akan mengambil alih pengelolaan tersebut. Dia ingin mendorong percepatan pembangunan bandara itu. 

"Bagaimana dalam waktu sesingkat-singkatnya bandara bisa menjadi bagian dari program pemerintah dan diserahkan kepada pemerintah. Tidak lain adalah untuk kepentingan masyarakat banyak," katanya.

Baca Juga: Dilantik Jadi Bupati Lutim, Irwan Bachri Syam hanya Menjabat 6 Hari

3. Sudirman minta Pemkab Lutim bangun hubungan harmonis

Sudirman Minta Bupati Lutim Percepat Pengerjaan Bandara SorowakoIDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Sudirman juga menyebut Luwu Timur sebagai daerah yang strategis di Sulsel. Investasi terbesar di Sulsel, kata dia, salah satunya di Luwu Timur.

Untuk itu, dia mengajak bupati dan juga ketua TP PKK untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan instansi vertikal dan Forkopimda. Demikian juga dengan OPD dan jajaran Pemerintah Sulsel.

"Saya juga mengingatkan OPD, pada jajaran Pemerintah Sulsel, jika ada program yang dijalankan dengan Pemerintah Luwu Timur, sedianya untuk melaporkan pada pimpinan wilayah yang sudah dilantik yakni Bapak Bupati dan Forkopimda yang ada di Luwu Timur," kata Sudirman.

Baca Juga: Meninggal, Bupati Thoriq Husler Menangi Rekap Pilkada Lutim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya