Stadion Mattoanging Jadi Proyek Prioritas Sulsel Tahun 2023

Dianggarkan dalam APBD 2023 sebesar Rp60 miliar

Makassar, IDN TimesPemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menegaskan akan melanjutkan proyek pembangunan Stadion Mattoanging. Proyek tersebut bahkan masuk dalam salah satu proyek prioritas Tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Sulsel, Andi Darmawan Bintang, dalam agenda Ngobrol Santai Bareng OPD di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (1/2/2023). Dia menyampaikan bahwa pembangunan stadion tersebut harus mengukuti aturan yang berlaku.

“Tetap melanjutkan pembangunan stadion. Tentu dari tahun lalu kita sudah mulai cuma secara normatif tentu kita tidak bisa lompat begitu saja karena kita mau bangun lantas aturan-aturan kita lampaui,” ujar Darmawan.

1. Dua kali gagal tender pada 2022

Stadion Mattoanging Jadi Proyek Prioritas Sulsel Tahun 2023Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Pada 2022 lalu, proyek Stadion Mattoangin sempat dua kali gagal lelang lantaran tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat. Pemprov sempat mengisyaratkan akan membuka lelang ketiga, namun urung hingga akhir tahun.

Isu penunjukan langsung kontraktor pun mencuat tapi Pemprov tak mengambil jalan ini. Bahkan sempat beredar kabar bahwa anggaran untuk proyek tersebut akan dialihkan untuk proyek lain. Namun hal ini segera dibantah pihak Pemprov Sulsel.

“Ada proses yang dilaksanakan tetapi itu gagal lelang. Kami menungu sampai bulan terakhir, ada kemarin yang mengatakan bahwa mau ditarik itu menjadi pembiayaan lain. Kita tetap menyimpan anggaran sampai dengan detik terakhir,” kata Darmawan.

2. Jadi proyek prioritas

Stadion Mattoanging Jadi Proyek Prioritas Sulsel Tahun 2023Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Stadion Mattoanging dianggarkan sebesaar Rp66 miliar dalam ABBD 2022 namun tidak terealisasi menyusul kegagalan tender itu. Proyek ini kembali dianggarkan pada APBD 2023 sebesar Rp60 miliar.

Darmawan menegaskan bahwa niat Pemprov untuk membangun kembali stadion yang telah dirobohkan itu tidak pernah padam. Pasalnya, masyarakat membutuhkan sarana dan prasarana olahraga untuk mendukung pengembangan atlet khususnya sepak bola.

"Stadion itu menjadi prioritas kita. Kita lihat nanti bagaimana prosesnya bisa berjalan sebab kita tidak akan melompati norma-norma yang belum tentu akan menjadi persoalan di belakang kami,” kata Darmawan.

Baca Juga: Alasan Suporter Terobos Kantor Gubernur saat Demo Stadion Mattoanging

3. Ada opsi penunjukan langsung

Stadion Mattoanging Jadi Proyek Prioritas Sulsel Tahun 2023Desain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Untuk tahun ini, Pemprov akan mengantisipasi terulangnya gagal tender Stadion Mattoanging seperti tahun lalu.  Bahkan tidak menutup kemungkinan Pemprov akan mengambil opsi penunjukan langsung untuk memilih kontraktor yang dianggap memenuhi syarat.

Dalam Pasal38 Ayat 5 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2028, penunjukan langsung boleh dilaksanakan apabila proses lelang proyek mengalami kegagalan.

“Proses tender atau lelang yang dilaksanakan kemudian gagal sebanyak dua kali maka aturannya pengguna anggaran bisa melakukan penunjukan langsung dengan pertimbangan yang kuat karena kal tidak, dia akan bermasalah hukum di kemudian hari," katanya.

Baca Juga: Stadion Mattoanging Tak Akan Dibangun sebelum Gugatan Hukum Tuntas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya