Sempat Langka, Pemprov Sulsel Pastikan Stok Minyakita Aman

Sulsel sudah dapat pasokan stok baru dari pusat

Makassar, IDN Times - Stok Minyakita di Provinsi Sulawesi Selatan dinyatakan aman setelah sempat langka beberapa waktu lalu. Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Arwin Azis, menyebut Minyakita telah didistribusikan hingga ke pengecer.

Sulsel telah menerima pasokan Minyakita dan minyak curah dari Jakarta beberapa waktu lalu. Dengan demikian, persoalan kelangkaan stok Minyakita dianggap sudah tidak ada masalah.

"Minyakita saat ini posisinya sudah di Bulog karena kita ada sistem namanya sistem informasi sarana perdagangan itu menggambarkan mulai dari pengiriman dari produsen ke distributor sampai ke pengecer," kata Arwin, Minggu (26/2/2023).

Baca Juga: KPPU: Minyak Kemasan di Makassar Dijual seperti Minyak Goreng Curah

1. Sulsel telah terima pasokan

Sempat Langka, Pemprov Sulsel Pastikan Stok Minyakita AmanMinyak goreng subsidi MinyaKita kemasan satu liter, (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Arwin menyebut stok Minyakita yang diterima oleh distributor dan telah sampai ke pengecer yakni 9.288 ton. Kemudian distributor tingkat satu telah menerima stok sebanyak 159 ton.  

"Ini kita berharap distrubusi Minyakita bisa dimaksimalkan karena yang diterima dari produsen itu sudah 159 ton, penyalurannya diharapkan sampai memenuhi kuota itu sebanyak 240,4 ton untuk Sulsel," katanya.

2. Jatah Minyakita meningkat

Sempat Langka, Pemprov Sulsel Pastikan Stok Minyakita AmanMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meluncurkan MinyaKita di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/7/2022). (IDN Times/Trio Hamdani)

Arwin juga menyebut stok tersebut cukup besar. Untuk kebijakan Minyakita hingga bulan April 2023, kata Arwin, Kementerian Perdagangan meningkatkan pasokan dari 300 ribu ton menjadi 450 ribu ton. 

"Jadi ada peningkatan untuk menghadapi HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional). Mudah-mudahan dengan penambahan kuota ini, semakin bisa mengendalikan dari sisi pasokan sehingga bisa menstabilkan harga, apalagai saat in untuk Minyakita HET-nya Rp14.000," katanya.

3. Harga bahan pokok terus distabilkan

Sempat Langka, Pemprov Sulsel Pastikan Stok Minyakita AmanBahan pangan pokok di Pasar Terong Makassar, Jumat (9/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Arwin menyebut masih ada Minyakita yang dijual di atas HET. Namun pihaknya akan terus berupaya agar menstabillkan harga kembali termasuk melalui operasi pasar. 

"Memastikan bahwa harga-harga bahan pokok itu sudah berdasarakan HET dan harga acuan pemerintah, terutama untuk komoditas yang menjadi bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak gula,dipastikan harga-harganya terkendali," kata Arwin.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Turun, Mulai dari Minyak Goreng sampai Bawang Merah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya