Sekolah di Sulsel Belum Ajukan Izin Belajar Tatap Muka

Ada 13 item protokol kesehatan yang harus dipenuhi

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan meminta seluruh sekolah dari semua jenjang mulai menyiapkan protokol kesehatan. Pasalnya, Pemprov Sulsel telah mengizinkan kegiatan belajar tatap muka, khususnya bagi daerah dengan zona hijau penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan, saat ini sudah banyak siswa yang menuntut agar pembelajaran tatap muka kembali digelar. Alasannya, para siswa jenuh tinggal di rumah dan belajar jarak jauh via daring dianggap kurang efektif. 

"Pak Gubernur itu membuka ruang bagi sekolah yang merasa telah mampu menunjukkan atau melakukan 13 item dari kebijakan atau keputusan bersama tentang protokol kesehatan sekolah yang tatap muka," kata Jufri, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Hijau

1. Kegiatan belajar di rumah kembali diperpanjang

Sekolah di Sulsel Belum Ajukan Izin Belajar Tatap MukaBelajar dari rumah (Dok. IDN Times Sumut/Istimewa)

Diketahui Disdik Sulsel kembali memperpanjang masa belajar dari rumah untuk semua jenjang pendidikan. Kebijakan yang tertuang dalam surat edaran gubernur itu berlaku 7-19 September 2020.

Kebijakan ini bersifat fleksibel. Diperpanjang atau tidak semua tergantung situasi terkait pandemik COVID-19 ini. Dengan demikian, para siswa masih harus bersabar karena kegiatan belajar masih harus dilakukan dari rumah.

Sejumlah daerah di Sulsel memang sudah berstatus zona hijau. Tapi kebijakan belajar tatap muka tidak serta merta diterapkan. Perlu persiapan sangat matang untuk menerapkannya mengingat kesehatan siswa menjadi prioritas utama.

2. Belum ada sekolah yang mengajukan izin belajar tatap muka

Sekolah di Sulsel Belum Ajukan Izin Belajar Tatap MukaIDN Times/Khaerul Anwar

Jufri mengatakan pihaknya telah mengimbau seluruh sekolah untuk mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu kebijakan belajar dari rumah berubah. Beberapa sekolah juga telah dikunjungi untuk memastikan kesiapannya.

Sekolah yang sudah siap melaksanakan belajar tatap muka juga diminta mengajukan permohonan membuka sekolah asalkan bisa menjamin bahwa ini tidak akan menimbulkan klaster baru. Selanjutnya, Disdik akan verifikasi, apakah sekolah siap atau tidak.

"Tapi sampai hari ini belum ada sekolah dan yang mengajukan permohonan," kata Jufri.

3. Ada tiga poin penting tentang protokol kesehatan di sekolah

Sekolah di Sulsel Belum Ajukan Izin Belajar Tatap MukaIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Terkait dengan protokol kesehatan di sekolah, Jufri menyatakan pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh cabang dinas dan UPT sekolah. Sedikitnya ada tiga hal yang menjadi penekanan dalam hal ini.

Pertama, mengaktifkan atau mendisiplinkan guru dan siswa untuk tetap memakai masker. Kedua, melakukan edukasi secara terus-menerus tentang protokol kesehatan kepada seluruh siswa yang dapat dilakukan setiap mengawal dan mengakhiri proses pembelajaran daring.

Ketiga, meningkatkan imunitas tubuh, aktif berolahraga dan nutrisi yang menjaga stabilitas tubuh.

"Jadi intinya seperti itu. Tiga poin ini yang kami berikan ke cabang dinas untuk disosialisasikan ke seluruh sekolah di wilayah Sulsel," katanya.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemerintah Siap Tes COVID-19 di Sekolah-Sekolah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya