Satu Karyawan Positif Corona, Hotel Almadera Makassaar Tutup Sementara

Hotel disterilkan selama 2-3 hari

Makassar, IDN Times - Kasus COVID-19 muncul dari salah satu hotel yang digunakan sebagai lokasi program Duta COVID-19 di Sulawesi Selatan. Adalah Hotel Almadera Makassar yang salah satu karyawannya dinyatakan terkonfirmasi positif.

Ketua Penegakan Disiplin Satgas COVID-19 Makassar, Muhammad Sabri mengatakan karyawan tersebut diketahui merupakan pemandu lagu yang sempat terjaring oleh tim beberapa waktu lalu, lantaran kedapatan tidak memakai masker saat bekerja.

Karyawan itu pun dikenakan sanksi berupa rapid test di lokasi. Karena hasilnya reaktif, maka pemeriksaan pun dilanjutkan dengan tes swab. Hasilnya, karyawan itu dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

"Diisolasi langsung. Karena Kemarin kan dia tidak enak badan dan ternyata setelah keluar hasil swabnya salah satu karyawan itu positif," kata Sabri dalam konferensi pers di Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Makassar Jalan Nikel Raya, Senin (21/9/2020).  

1. Karyawan dimasukkan dalam program Duta COVID-19

Satu Karyawan Positif Corona, Hotel Almadera Makassaar Tutup SementaraIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Pihak manajemen hotel, kata Sabri, langsung mengambil langkah cepat. Karyawan hotel yang positif itu juga dimasukkan ke dalam data program Duta COVID-19.

"Tetapi harus ada juga tindakan-tindakan yang kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan di tempat itu," ucap Sabri.

2. Hotel langsung disemprot disinfektan

Satu Karyawan Positif Corona, Hotel Almadera Makassaar Tutup SementaraIlustrasi petugas penyemprotan disinfektan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk memutus rantai penularan dan sterilisasi kawasan hotel, Satgas kemudian melakukan tracing atau penelusuran kontak kepada seluruh karyawan hotel, utamanya yang kontak erat dengan pasien positif. Mereka harus menjalani tes swab.

"Yang kedua, kita melakukan penyemprotan disinfektan di tempat itu. Pembersihan dulu karena kebetulan juga Hotel Almadera itu yang di atasnya itu dipakai untuk Duta COVID-19," katanya.

Baca Juga: Siswa SMK Makassar Buat Pesta di Hotel di Tengah Pandemik

3. Hotel ditutup 2-3 hari

Satu Karyawan Positif Corona, Hotel Almadera Makassaar Tutup SementaraIlustrasi penyemprotan cairan disinfektan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sabri mengatakan tidak sulit untuk mensterilkan hotel tersebut. Karena hotel ini sudah memenuhi standar. Menurutnya, hotel yang berlokasi di Jalan Somba Opu Makassar ini tidak mungkin dijadikan lokasi untuk program Duta COVID-19 jika tidak memenuhi standar protokol kesehatan.

"Berarti ditutup dulu untuk sementara kalau dilakukan penyemprotan disinfektan, mungkin 2-3 hari dibersihkan dulu semuanya," katanya.

Baca Juga: Hotel Isolasi Pasien Corona di Makassar Minta Tamu Umum Tak Khawatir

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya