Satgas COVID-19 Parepare Perketat Razia Prokes di Jalur Perbatasan

Kasus COVID-19 di Parepare masih meningkat

Makasar, IDN Times - Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) memperketat pemeriksaan protokol kesehatan bagi pengendara di wilayah perbatasan. Hal itu dilakukan guna menekan kasus penyebaran COVID-19 di kota tersebut.

Tim Satgas terus menggencarkan patroli wilayah untuk penerapan protokol kesehatan. Petugas Satgas menggelar razia masker di Jalan Poros Parepare-Makassar depan Terminal Lumpue, Minggu (31/1/2021).

Sekretaris Dinas Pol PP Kota Parepare, Prasetyo Catur, mengatakan Tim Satgas tetap menggelar Operasi Yustisi untuk penegakan Perwali Nomor 31 Tahun 2020 meski akhir pekan.

"Kita ketahui, kasus yang terkonfirmasi meningkat. Jadi kami akan turun setiap waktu untuk penegakan Perwali 31/2020," kata Prasetyo dalam siaran persnya.

1. Operasi tidak hanya dimasifkan di perbatasan

Satgas COVID-19 Parepare Perketat Razia Prokes di Jalur PerbatasanSatgas COVID-19 Parepare menggelar razia masker di Jalan Poros Parepare-Makassar depan Terminal Lumpue, Minggu (31/1/2021). Humas Pemkot Parepare

Prasetyo menjelaskan pihaknya berfokus pada perbatasan sebagai pintu masuk penyebaran virus COVID-19 di antaranya Parepare-Pinrang, Parepare-Sidrap, dan Parepare-Barru. 

Bukan di perbatasan saja, operasi dalam kota juga terus digencarkan. Hal ini juga ditambah dengan surat edaran pembatasan aktivitas masyarakat yang diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

2. Masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protkes dan 4 M

Satgas COVID-19 Parepare Perketat Razia Prokes di Jalur PerbatasanIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Prasetyo pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Sebab pola ini dinilai efektif dalam menekan angka penyebaran COVID-19.

"Memohon kepada masyarakat Kota Parepare untuk bersama-sama menekan tingginya kasus COVID-19 yang terus meningkat. Dengan bersama-sama menaati Perwali 31/2020 dan surat edaran Forkopimda Parepare. Dan wajib menerapkan 4 M dengan baik dan benar," kata Prasetyo.

Baca Juga: Terkonfirmasi Positif COVID-19, Wali Kota Parepare Isolasi Mandiri

3. Jumlah kasus positif COVID-19 di Parepare masih terus meningkat

Satgas COVID-19 Parepare Perketat Razia Prokes di Jalur PerbatasanIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut data Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Parepare hingga Sabtu 30 Januari 2021, angka kasus COVID-19 terus meningkat. 

Satgas setempat mencatat jumlah kasus terkonfirmasi positif saat ini mencapai 1.143 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 940 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 36 orang meninggal dunia. Sementara kasus aktif saat ini masih ada 167 orang.

Baca Juga: Parepare Perpanjang Pembatasan Aktivitas Malam hingga 8 Februari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya