Rusdi Masse Targetkan Nasdem Menang Dua Kali Lipat di Pemilu 2024

NasDem Sulsel ingin mengusung sendiri calon gubernur

Makassar, IDN Times - Menjelang Pemilu 2024, Partai NasDem Sulawesi Selatan menggelar rapat konsolidasi dengan kader di Hotel Claro, Minggu (25/9/2022) malam. Dalam rapat ini, NasDem mulai menyatakan ambisinya untuk menang pada Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah NasDem Sulsel, Rusdi Masse menargetkan NasDem harus menempatkan kadernya di berbagai lini. Salah satunya mendorong Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk maju pada pileg 2024 mendatang di Dapil Sulsel 1.

"Dapil I sudah bisa pasti kita dapat kita kalau Pak Mentan diagendakan di situ. Begitu juga di Dapil II, tapi peluangnya bisa lebih besar kalau di Dapil I," kata RMS.

Baca Juga: NasDem Sulsel Usul Lima Capres di Rakernas, Ada Anies dan Ganjar

1. Target 8 kursi di DPR RI

Rusdi Masse Targetkan Nasdem Menang Dua Kali Lipat di Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut RMS, bukan tidak mungkin NasDem akan menempatkan lebih banyak kadernya di DPR RI. Untuk DPR RI, NasDem awalnya hanya menempatkan 4 kursi. Namun RMS menargetkan dua kali lipat pada Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan ke depan kalau bisa kita capai 8, kita dapat posisi seperti sekarang. Kalau kita sanggup, kita mempersiapkan kader NasDem di Nasional," katanya.

2. Taget dua kali lipat untuk level provinsi dan kabupaten kota

Rusdi Masse Targetkan Nasdem Menang Dua Kali Lipat di Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

RMS juga memiliki target sendiri untuk pileg di tingkat provinsi. Untuk DPRD Provinsi Sulsel, NasDem menempatkan kadernya di 12 kursi. Namun di Pemilu 2024 nanti, RMS menargetkan 24 kursi. 

"Supaya di 2024, kita bisa mengusung sendiri calon gubernur. Tapi yang harus kita siapkan adalah kendaraannya dulu," katanya.

Sementara di level kabupaten/kota, NasDem mendapatkan 105 kursi. Maka di Pemilu 2024, RMS menargetkan 180 kursi.

"Kalau kita lihat pergerakan teman-teman di DPD. Ini kita bisa meyakini partai kita mearih 180 kursi," katanya.

3. DPP berharap banyak dari Sulsel

Rusdi Masse Targetkan Nasdem Menang Dua Kali Lipat di Pemilu 2024Wakil Ketua DPP NasDem, Ahmad Ali memberi arahan saat rapat konsolidasi dengan kader di Hotel Claro, Minggu (25/9/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Menyambut target tersebut, Wakil Ketua DPP NasDem, Ahmad Ali mengatakan inilah waktunya NasDem Sulsel untuk membuktikan janji. Menurutnya, perjalanan NasDem Sulsel merupakan fenomena baru.

"Sulsel menjadi salah satu barometer konsolidasi Nasdem. Tidak heran kalau Sulsel menjadi DPW terbaik seluruh Indonesia," katanya.

Ahmad Ali menyatakan bahwa NasDem berharap banyak dari Sulsel secara keseluruhan. Harapan besar itu tak hanya disampaikan melalui narasi melainkan bukti konkrit.

"Partai memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap capaian NasDem di Sulsel. Tentunya apa yang dipaparkan kerja DPW," katanya. 

Baca Juga: NasDem Beri Syarat Capresnya: Harus Lanjutkan Program Jokowi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya