RS Otak, Jantung dan Kanker Dibangun di Makassar, Ini Fasilitasnya 

Bakal punya lebih dari 700 bed perawatan

Makassar, IDN Times – Pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal yang khusus menangani penyakit otak, jantung, dan kanker (OJK) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi kabar baik untuk masyarakat setempat. Pasalnya, masyarakat yang memiliki penyakit tersebut tidak lagi harus pergi jauh-jauh ke Jakarta untuk berobat.

Kini, pembangunan mulai berjalan setelah peletakan batu pertama atau groundbreaking di lokasi yakni di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Senin (31/1/2023). Acara peletakan batu pertama itu dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Aswan Usman, mengatakan bahwa RS UPT Vertikal itu merupakan satu dari dua rumah sakit penanganan otak, jantung dan kanker yang dicanangkan pemerintah pusat. Rumah sakit ini diharapkan menjadi rujukan bagi Indonesia Timur.

“Pertama di Indonesia Timur. Kita berharap  mau memutus mara rantai pasien keluar dari Indonesia Timur. Kita berharap orang-orang Indonesia Timur masuk di sini,” kata Aswan.

1. Terbesar di Indonesia Timur

RS Otak, Jantung dan Kanker Dibangun di Makassar, Ini Fasilitasnya Lokasi lahan pembangunan RS UPT Vertikal di Kawasan CPI Makassar, Selasa (31/1/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Rumah sakit tersebut akan berdiri di lahan seluas 6,2 hektar namun luas bangunannya hanya seluas 143 meter persegi. Luasan ini akan menjadi rumah sakit tersebut sebagai yang terbesar di Indonesia Timur.

Bangunan ini nantinya terbagi tiga bangunan tower dengan satu bangunan utama di depan. Ketiga tower mewakili masing-masing unit pelayanan yakni untuk otak, jantung, dan kanker. Bangunan ini didesain memiliki 12 lantai.

Karena berada di bagian ujung Kawasan CPI, maka bangunan RS UPT Veritkal ini akan berhadapan langsung dengan laut.

2. Ruang perawatan memadai

RS Otak, Jantung dan Kanker Dibangun di Makassar, Ini Fasilitasnya Foto hanya ilustrasi gorden rumah sakit. (wallpapergordyn.com)

Nantinya, Rumah sakit ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas dan ruang perawatan yang didukung dengan kecanggihan teknologi kesehatan mutakhir.  

RS UPT Vertikal akan menyediakan lebih dari 700 tempat tidur pasien. Di antaranya 226 tempat tidur untuk pelayanan jantung, 268 tempat tidur untuk pelayanan otak, 274 tempat tidur untuk pelayanan kanker.

Kemudian, rumah sakit ini juga akan dilengkapi dengan 16 ruang operasi, 7 cathlab, 20 unit chemotherapy. Lalu ada 95 tempat tidur ICU, ICCU, PICU dan ICVCU, 59  tempat tidur HCU/Intermediate care, 3 bunker LINAC dan 33 tempat tidur untuk rumah singgah.

3. Akses menuju rumah sakit mulai dibangun

RS Otak, Jantung dan Kanker Dibangun di Makassar, Ini Fasilitasnya Ilustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mendukung akses ke rumah sakit tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga membangun jembatan sehingga lebih mudah menjangkau lokasi. Pemprov juga akan menangani jalan dan pedestrian kawasan CPI di area menuju rumah sakit dengan alokasi Rp15 miiliar.

Seperti diketahui, lokasi rumah sakit tersebut berada  di Kawasan CPI yang cukup jauh dari pusat Kota Makassa karena berada di daerah pesisir.  

“Pemprov juga membangun jembatan akses menuju RS, Taman pendukung serta tahun ini akan dibangun jalan dan pedestrian di kawasan CPI,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya