Rombak Struktur Pemkot Makassar, Danny Pomanto Lantik 457 Pejabat Baru

Danny juga menyentil ASN yang doyan nongkrong saat jam kerja

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar kembali merombak struktur pejabat di tingkat eselon II, III dan IV sebagai upaya penyegaran roda pemerintahan di kota ini. Mutasi itu ditandai dengan pelantikan 457 pejabat dilantik oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat tersebut digelar usai salat subuh berjamaah di Pelataran Anjungan City Of Makassar, Pantai Losari, Kamis (2/6/2022). Dalam sambutannya, Danny menegaskan pergantian pejabat ini masih akan berlangsung hingga bulan Juni mendatang. 

“Dalam bulan ini juga kita akan menuntaskan pekerjaan rumah kami. Kami ingin mnedapatkan tim yang betul-betul saling bahu-membahu tanpa kenal lelah dan waktu. Karena banyak program kami yang mau dituntaskan dan sangat menentukan masa depan masyarakat Kota Makassar,” kata Danny.

1. Danny minta pegawai tidak pilih-pilih jabatan

Rombak Struktur Pemkot Makassar, Danny Pomanto Lantik 457 Pejabat BaruWali Kota Makassar melantik ratusan pejabat di Anjungan Pantai Losari, Kamis (2/6/2022). Humas Pemkot Makassar

Salah satu yang dilantik yaitu Chaidir sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB). Jabatan tersebut sebelumnya hanya diisi pejabat pelaksana tugas.

Menurut Danny, proses pelantikan seperti ini harus disegarkan setiap dua tahun secara aturan pemerintahan. Bagi pegawai yang belum kebagian jabatan, kata dia, diharapkan agar terus membuktikan diri lewat kinerja yang terus membaik. 

Danny pun mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik. Dia juga meminta mereka untuk tidak menyia-nyiakan jabatan yang diamanahkan.

“Jangan pilih-pilih jabatan, karena tugas tidak boleh ditawar tapi dibuktikan lewat kinerja. Emas akan bersinar walaupun bersembunyi dimana pasti akan kelihatan, jangan ada perdekkengan (nepotisme),” katanya.

2. Danny sentil pejabat yang suka nongkrong di warkop

Rombak Struktur Pemkot Makassar, Danny Pomanto Lantik 457 Pejabat BaruWali Kota Makassar melantik ratusan pejabat di Anjungan Pantai Losari, Kamis (2/6/2022). Humas Pemkot Makassar

Usai pelantikan, Danny juga menegaskan bahwa dirinya maupun wakilnya, Fatmawati Rusdi, tidak pernah menutup mata bagi pegawai yang berprestasi. Menurutnya, tidak perlu orang dalam untuk mendapatkan jabatan di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

"Saya dan Ibu Fatma mencari orang yang baik. Bekerja tuntas mencari orang yang kerja ikhlas. Kalau semua bisa begitu, insyallah ini bagian dari hal yang begitu lama tertunda kerena berbagai hal, karena proses hukum yaitu tidak boleh melantik 6 bulan dan baru kali ini bisa lantik," kata Danny.

Danny mengaku akan memantau pegawai secara transparan. Pasalnya, dia mendapati banyak laporan mengenai pegawai yang kerap nongkrong di warkop saat jam kerja.

"Makanya yang cokko-cokko (sembunyi). Jangan terlalu banyak di warkop. Kerja. Saya ini peminum kopi, 10 kali setiap hari minum kopi tetapi lihat waktunya," kata Danny.

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar yang Bolos Kerja 6 Bulan Masih Diperiksa

3. Dewan berharap ada peningkatan kinerja ASN

Rombak Struktur Pemkot Makassar, Danny Pomanto Lantik 457 Pejabat BaruWali Kota Makassar melantik ratusan pejabat di Anjungan Pantai Losari, Kamis (2/6/2022). Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lalllo, mengatakan mutasi hari ini hanya penyegaran, apalagi seorang ASN sebaiknya tidak terlalu lama memegang sebuah jabatan. Dia berharap mutasi pejabat itu akan meningkatkan kinerja ASN dan pelayanan publik di Kota Makassar.

Dia juga menekankan bahwa pejabat-pejabat yang dilantik inilah yang ditunjuk untuk membantu menyukseskan program-program Wali Kota Makassar. Karena itu, Danny memiliki hak prerogatif untuk memilih pejabat dalam menyukseskan program-programnya.

"Jadi tidak tepat juga kalau ada  yang mencari-cari jabatan karena itu bukan kewenangannya tapi kewenangan wali kota selaku pembina kepegawaian," katanya.

Baca Juga: Danny Usul ke Menhub Pembangunan Rel Kereta Api Melayang di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya